Imilda, Nurhikmah Auliya (2020) Pengaruh brand image dan kelompok acuan terhadap keputusan pembelian produk Nature Republic dengan Country of Origin (COO) sebagai variabel moderasi: Studi kasus pada Mahasiswa S1 Universitas Islam Negeri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510217.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Keputusan pembelian merupakan salah satu faktor penting dalam penentu eksistensi perusahaan. Suatu perusahaan dapat terus eksis jika pengaruh konsumen dalam memutuskan pembelian produk dari suatu pasar mendapat respon yang positif dari pasar itu sendiri. Dalam keputusan pembelian terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya. Beberapa faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli adalah faktor brand image dan kelompok acuan. Brand Image yang diasosiasikan atau dipersepsikan baik dan kelompok acuan yang tepat dapat mempengaruhi dan membantu konsumen dalam mengambil keputusan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image (X1) dan Kelompok Acuan (X2) terhadap keputusan pembelian produk Nature Republic. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Menggunakan metode pengambilan sampel Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan yang sesuai dengan maksud dan tujuan penelitian yakni mahasiswa yang pernah membeli produk skincare merek Nature Republic. Adapun analisis hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat SPSS 16 dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dengan MRA (Moderated Reggression Analyse), koefisien determinasi (R2), Uji T dan Uji F.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam uji pertama secara simultan maupun parsial seluruh variabel brand image (X1) dan Kelompok Acuan (X2) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian produk skincare merek Nature Republic, kemudian dalam uji kedua setelah di moderasi dengan variabel country of origin (Z), variable country of origin memperlemah hubungan antara brand image (X1) terhadap keputusan pembelian. sedangkan hubungan Kelompok Acuan (X2) terhadap keputusan pembelian dapat diperkuat dengan variabel country of origin (Z).
ENGLISH:
Purchasing decisions are an important factor in determining a company's existence. A company can continue to exist if the influence of consumers in deciding to buy products from a market gets a positive response from the market itself. In purchasing decisions there are factors that influence it. Some factors that influence consumers in buying are brand image factors and reference groups. Brand Image that is associated or perceived well and the right reference group can influence and assist consumers in making decisions.
This study aims to determine the effect of brand image (X1) and Reference Group (X2) on purchasing decisions for Nature Republic products. This type of research is descriptive with a quantitative approach. Using the Purposive Sampling sampling method, the sampling technique is based on considerations that are in accordance with the aims and objectives of the study, namely students who have bought Nature Republic brand skincare products. The hypothesis analysis in this study uses SPSS 16 with validity, reliability, classic assumption test, multiple linear regression analysis with MRA (Moderated Regression Analysis), coefficient of determination (R2), T test and F test.
The results of this study indicate that in the first test simultaneously or partially all brand image variables (X1) and Reference Groups (X2) have an influence on the decision to purchase Nature Republic brand skincare products, then in the second test after being moderated with the country of origin variable ( M), the country of origin variable weakens the relationship between brand image (X1) and purchasing decisions. while the relationship of Reference Groups (X2) to purchasing decisions can be strengthened by the country of origin (Z) variable.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kelompok Acuan; Keputusan Pembelian; Brand Image; Reference Group; Country of Origin (COO); Purchase Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | SM Nurhikmah Auliya Imilda | ||||||
Date Deposited: | 20 Aug 2020 13:29 | ||||||
Last Modified: | 20 Aug 2020 13:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/21433 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |