Rohmawati, Kiki Ayu (2015) Zakat Fitrah di Lembaga Pendidikan Perspektif mazhab Syafi’i dan mazhab Hanafi: Studi Komparasi antara Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah Desa Bandar Kedung Mulyo, Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Introduction)
11220013 FILE PENDAHULUAN.pdf Download (528kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract Indo)
11220013 ABSTRAK INDO.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract English)
11220013 ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text (Abstract Arab)
11220013 ABSTRAK ARAB.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 1)
11220013 bab 1.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 2)
11220013 bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 3)
11220013 bab 3.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 4)
11220013 bab 4.pdf Download (458kB) | Preview |
|
|
Text (Chapter 5)
11220013 bab 5.pdf Download (293kB) | Preview |
|
|
Text (references)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (217kB) | Preview |
|
Other (Appdendices)
LAMPIRAN.rar Download (961kB) |
||
|
Text (Summary)
Ringkasan skripsi-Kiki Ayu Rohmawati-11220013.pdf Download (198kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Zakat fitrah merupakan bagian dari zakatdan zakat merupakan bagian dari rukun Islam yang ketiga, yang keberadaannya sangat penting guna penyempurnaan ibadah seorang muslim selain shalat dan puasa.Oleh sebab itu,zakat fitrah penting untuk diterapkan kepada anakanak,
berkenaan dengan hal tersebut, zakat fitrah banyak diusung oleh Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah untuk dijadikan pembelajaran dasar dengan mengimplementasikan pembayaran zakat di Sekolah. Dua dari lembaga Pendidikan yang dipilih oleh penulis adalah SDN Bandar II dan MI al-Ihsan Desa Bandar Kedung Mulyo, kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang. Karena kedua lembaga pendidikan tersebut selain paling maju juga layak mewakili diantara sekolah yang lain.
Rumusan Masalah dari penelitian skripsi ini diantaranya adalah bagaimana implementasi zakat fitrah di lembaga pendidikan perspektif mazhab Syafi’i dan mazhab Hanafi(studi komparasi antara Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah di Desa Bandar Kedung Mulyo, Kecamatan Bandar Kedung Mulyo Kabupaten Jombang, dan bagaimana perspektif mazhab Syafi’i dan mazhab Hanafi terhadap implementasi zakat fitrah yang ada di kedua lembaga tersebut..Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memahami praktik zakat fitrah yang diterapkan di Sekolah Dasar dan Madarasah Ibtidaiyah di Desa Bandar Kedung Mulyo, Kecamatan Bandar Kedung Mulyo, Kabupaten Jombang, serta meninjau hukum dari perspektif mazhab Syafi’i dan mazhab Hanafi.
Dalam penelitian ini digunakan jenis penelitian empiris dengan pendekatan kualitatif. Sebagian besar data primer dikumpulkan melalui metode wawancara semi terstruktur dan observasi lapangan. Literatur dan dokumentasi terkait persoalan ini digunakan sebagai data sekunder. Setelah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulannya adalah bahwa zakat fitrah di SDN Bandar II Kedung Mulyo dan MI al-Ihsan Bandar Kedung Mulyo memiliki karakteristik dan praktik yang berbeda dalam hal pengumpulan zakat, penyaluran zakat, dan waktu pengumpulan dan pembagian zakat. Perbedaan tersebut tidak lain karena di SDN Bandar II proporsional dalam mengikuti mazhab yaitu menggunakan mazhab Syafi’i dan mazhab Hanafi, sedangkan di MI alIhsan cenderung mengikuti atau taqlid pada satu mazhab saja yaitu Mazhab Syafi’i.
ENGLISH :
Zakat is the third of pillars of Islam, which is very important for improving the existence of Muslim worship beside of prayer and fasting, so zakat fitrah is carried so much by Elementary Schools and Islamic Elementary Schools to be used as a basic learning by way of zakat payment practice in schools. There are two of education institutions carried by the author. They are Bandar II Elementary School and Ihsan al-Bandar Islamic Elementary School, Kedung Mulyo village, Bandar Kedung Mulyo sub-district, Jombang. In November 2014 ago.
The main purpose of this study is to understand the practice of zakat fitrah applied in Elementary School and Islamic Elementary School in Bandar Kedung Mulyo Village, Bandar Kedung Mulyo sub-district, Jombang, and to review the law of Syafi’i and Hanafi sect perspective.
In this study uses the type of empirical research with qualitative approach. Most of the primary data collected through semi-structured interviews and field observations. Literature and related documentation of this issue are used as the secondary data. After collecting the data, then analyze it by using qualitative descriptive method.
Based on the analysis, the conclusion is zakat fitrah in Elementary School and Islamic Elementary School of Bandar Kedung Mulyo has different characteristics and practices in collecting zakat, zakat distribution, and the time of collection and dividing of zakat. The difference is because of Bandar II Elementary School tends to be proportional to follow the Syafi’i and Hanafi sect, whereas in al-Ihsan Islamic Elementary School tends to follow or taqlid at one sect, that is Syafi’i sect.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Zakat Fitrah, Lembaga Pendidikan, Perbandingan Mazhab; Zakat Fitrah, Institute of Education, Comparison Sect; |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012715 al-Waqf |
Departement: | Fakultas Syariah > Jurusan Hukum Bisnis Syariah |
Depositing User: | Alexander Malik |
Date Deposited: | 06 Jul 2015 17:36 |
Last Modified: | 06 Jul 2015 17:36 |
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/203 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |