Mufarricha, Rizqiyatul (2020) Upaya peningkatan kualitas pembelajaran baca tulis al Qur'an di TPQ Sjamsoel Arifien Lowokwaru Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13110219-Rizqiyatul Mufarricha.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Al-Qur’an adalah firman Allah yang berfungsi sebagai mukjizat yaitu sebagai bukti kebenaran atas kenabian, yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Pengajaran al-Qur’an dalam arti dari mulai membaca sampai mengamalkannya merupakan persoalan yang teramat sentral dalam Islam pada khususnya. Dan lembaga pendidikan al-Qur’an pada saat ini kian menampakkan hasilnya dalam memecahkan persoalan ummat dari buta baca dan tulis al-Qur’an.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka permasalahan yang diangkat oleh peneliti yaitu: bagaimana sistem pembelajaran di TPQ Sjamsoel Arifien, metode pembelajaran apa yang digunakan, bagaimana upaya TPQ Sjamsoel Arifien dalam meningkatkan kualitas baca tulis al-Qur’an, dan Bagaimana evaluasi kualitas pembelajaran di TPQ Sjamsoel Arifien. Mengacu pada konteks penelitian di atas, tujuan yang ingin dicapai oleh peneliti adalah untuk menjelaskan sistem pembelajaran di TPQ Sjamsoel Arifien, untuk menjelaskan metode pembelajaran yang digunakan, mendeskripsikan upaya peningkatan kualitas baca tulis al-Qur’an dan evaluasi kualitas pembelajaran. Peneliti ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Pendekatan kualitatif dugunakan untuk mengungkapkan daya deskriptif dari informasi yang diperoleh saat penelitian. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti memperoleh hasil: bahwa target dan tujuan TPQ Sjamsoel Arifien adalah anak dalam waktu relatif singkat sudah bisa membaca dan menulis al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah, hafal surat-surat pendek, hafal surat pilihan, dan hafal do’a sehari- hari yang dalam penyampaiannya menggunakan metode UMMI yang memakai sistem cepat bisa membaca al-Qur’an dengan Mottonya mudah, menyenangkan, menyentuh hati. Disini lebih menekankan pada aspek santri untuk menuntun keaktifan, kreatifitas dan kecerdasan santri sehingga kemampuan santri dapat tersalurkan secara optimal.
Upaya peningkatan kualitas baca tulis al-Qur’an yang menjadi faktor utama adalah peningkatan kualitas guru yang merupakan penanggung jawab atas berlangsungnya pendidikan, hal ini bisa dilakukan dengan bimbingan, pelatihan guru dan studi banding ke lembaga yang lain yang memiliki kualitas pendidikannya lebih baik, peningkatan kualitas santri melalui pemberian tugas kepada santri baik itu membaca maupun menulis. Penambahkan pendanaan dengan cara mencari sumbangan dari donatur, infaq, shadaqoh dan juga sumbangan yang sifatnya tidak mengikat. Penambahan sarana dan prasarana dengan cara merenovasi bangunan TPQ dan membangun ruang wudhu bagi santri. Maka dari itu, TPQ memiliki peranan yang sangat baik dalam meningkatkan saran-saran penulis, diharapakan dapat bermanfaat bagi pelaksanaan pendidikan di TPQ Sjamsoel Arifien Lowokwaru Kota Malang.
ABSTRACT
Al-Qur’an is the word of Allah that functions as a miracle which is as a proof of the truth of the prophethood, which was given to the Prophet Muhammad SAW. The teaching of al-Qur’an in the sense of reading to practicing it is a very central issue in Islam in particular. The al-Qur’an education institutions now also increasingly showing the results in solving the problems of the people from reading and writing illiteracy of the al-Qur’an.
Based on the background above, the researchers decided these problem of the studies: how the education system in TPQ Sjamsoel Arifien, what educational method which used, how the efforts of TPQ Sjamsoel Arifien in increasing the quality of al-Qur’an’s reading & writing, and how the evaluation of education quality in TPQ Sjamsoel Arifien. Based on these contexts of this study, the aims of this study are to describes the education system in TPQ Sjamsoel Arifien, to describes what educational method which used, describes the efforts of TPQ Sjamsoel Arifien in increasing the quality of al-Qur’an’s reading & writing and the evaluation of education quality. This studies used Descriptive Qualitative approach. Qualitative approach used to show the descriptive information which obtained during the research. The data was collected by doing observation, deep interview, and documentation.
The results of these research show that, the target and aims of TPQ Sjamsoel Arifien is the students in a short time can read and write the al-Qur’an properly and correctly in accordance with the rules, memorize the short Surah, memorize selected Surah, and memorize daily prayers using UMMI method with the system can quickly read al-Qur’an and the Motto is easy, fun, and heart touching. This method emphasizing the aspects that demand the activeness, creativity, and intelligence of the students so their abilities can be optimally channeled.
The efforts in increasing the quality of al-Qur’an’s reading & writing which become the main factor is the quality upgrading of the teacher as a responsible person for ongoing education proses, this can be done with a guidance, teacher training, and comparative studies to other institutions that have better quality education, improve the quality of students by giving assignments both reading and writing. Adding funding by seeking donation from donors, infaq, shadaqoh and also non-binding donations. Adding facilities and infrastructure by renovating the TPQ building and wudhu’ rooms for students. Therefore, TPQ has a very good role in increasing the writer’s suggestions, it is expected to be beneficial for the implementation of education in TPQ Sjamsoel Arifien Lowokwaru Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fannani, Bakhruddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | peningkatan; baca tulis al-Qur’an TPQ sjamsoel arifien; increasing; read and write al-Qur’an in TPQ sjamsoel arifien; ترقية; قراءة القرآن وكتابته; روضة قرآن مشس العارفني التعليمية | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | mufarrica rizqiyatul | ||||||
Date Deposited: | 04 Aug 2020 09:28 | ||||||
Last Modified: | 14 Apr 2023 14:53 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/19758 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |