Atho'illah, Muhammad (2020) Analisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di PDAM Mojokerto. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510189.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
PDAM Djoebel Tirta merupakan wujud pelayanan yang diberikan oleh pemerintah terhadap masyarakat. Bertujuan untuk turut serta dalam pembangunan ekonomi, dengan cara menyediakan air minum yang bersih, sehat, dan memenuhi persyaratan kesehatan bagi masyarakat di sekitar Kabupaten Mojokerto. Berangkat dari pengamatan penulis dapat disimpulkan, bahwa seiring dengan bertambahnya kebutuhan terhadap air bersih, pihak PDAM harus memiliki pelayanan yang baik dan menjaga kualitas produk untuk setiap pelanggannya. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengkaji lebih jauh tentang analisis pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan PDAM di Mojokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan angka yang kemuadian diolah dengan menggunakan analisis statistik. Penelitian dilakukan di PDAM Djoebel Tirta yang terletak di Jln. Pahlawan No.4, Mojosari, Kabupaten Mojokerto. Populasi seluruh pelanggan PDAM, sedangkan sampel diambil 120 orang pelanggan secara acak. Metode pengumpulan yang digunakan peneliti adalah kuisioner.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa : Secara simultan variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PDAM Mojokerto. Secara parsial variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada PDAM Mojokerto. Kualitas produk menjadi variabel yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen pada PDAM Mojokerto.
ENGLISH:
Djoebel Tirta PDAM is a form of service provided by the Government to the community. Aims to participate in economic development, by providing clean, healthy drinking water, and meeting health requirements for the communities around Mojokerto Regency. Departing from the observation of the author can be concluded, that as the need for water increase, the PDAM must have good service and maintain the quality of products for each customer. Therefore, researchers are interested to study more about the analysis of the influence of quality service and product quality to the satisfaction of PDAM customers in Mojokerto.
This research is a quantitative study using a number that is processed using statistical analysis. Research conducted at the water utility of Djoebel Tirta which is located on Jln. Pahlawan No. 4, Mojosari, Mojokerto regency. The population of all PDAM customers, while samples were taken 120 random customers. The collection method used by researchers is a questionnaire.
Based on the results of the research and discussion above, it can be concluded that: simultaneously the variable quality of service and product quality has a significant effect on consumer satisfaction on a Mojokerto PDAM. A partial variable of service quality and product quality significantly affects the customer satisfaction of the Mojokerto PDAM. The quality of the product becomes the most dominant variable for consumer satisfaction on Mojokerto PDAM.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Produk; Kepuasan Pelanggan Quality of service; product quality; customer satisfaction جودة الخدمة; جودة المنتج; رضا العملاء | ||||||
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140205 Environment and Resource Economics 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Muhammad Atho'illah | ||||||
Date Deposited: | 16 Jul 2020 14:02 | ||||||
Last Modified: | 16 Jul 2020 14:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/19691 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |