Husna, Nikmatul (2020) Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada Waroeng Kampoeng Ag One Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16510151.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Di era modern ini para pemasar saling bersaing untuk mempertahankan pelanggan. Berbagai cara dilakukan salah satunya dengan mencari strategi baru sebab strategi pemasaran selalu berubah seiring perkembangan jaman, dari pemasaran tradisional yang mengutamakan fitur dan benefit, saat ini pemasar menciptakan suatu pengalaman yang unik dan berbeda saat pelanggan menkonsumsi produk tersebut kemudian bersikap loyal pada produk atau perusahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksplanatory. Tujuan penelitian eksplanatori adalah untuk menjawab atau menjelaskan permasalahan yang sedang dihadapi. Subyek penelitian sebanya 100 orang konsumen Waroeng Kampoeng Ag One Tulunggung. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Kuesioner penelitian digunakan untuk memperoleh jawaban atas variabel yang digunakan dalam penelitian. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) adalah model yang dikembnagkan sebagai alternative untuk situasi dimana teori pada perancangan model lemah atau indikator yang tersedia tidak memenuhi model reflektif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa experiential marketing secara langsung berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. hal ini dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan yaitu faktor sense, feel, think dan act. Experiential marketing berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas pelanggan karena terdapat faktor kinerja dan harapan. Kepuasan pelanggan memediasi pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas Kelanggan. kepuasan yang tinggi dapat meningatkan loyalitas pelanggan.
ENGLISH:
In this modern era marketers compete with one another to keep customers. Various methods are used, one of which is by searching for new strategies because marketing strategies always change along with the times, from traditional marketing that prioritizes features and benefits, now marketers create a unique and different experience when customers consume these products and then be loyal to the product or company. The purpose of this study is to determine the direct and indirect effects of experiential marketing on customer loyalty with customer satisfaction as an intervening variable.
This research uses explanatory quantitative approach. The purpose of explanatory research is to answer or explain the problem being faced. The research subjects are 100 consumers of Waroeng Kampoeng Ag One Tulunggung. Data collection techniques using a questionnaire. The research questionnaire was used to obtain answers to the variables used in the study. Data analysis using Partial Least Square (PLS) is a model developed as an alternative to situations where theories in the design of weak models or available indicators do not meet the reflective model.
The results of this study indicate that experiential marketing directly influences customer loyalty. this is due to several factors that affect customer loyalty, namely the sense, feel, think and act factors. Experiential marketing has an indirect effect on customer loyalty because there are performance and expectations factors. Customer satisfaction mediates the effect of experiential marketing on customer loyalty. high satisfaction can remind customer loyalty.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Experiential marketing; kepuasan konsumen; loyalitas konsumen; Customer Loyalty; Customer Satisfaction | ||||||
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Nikmatul Husna | ||||||
Date Deposited: | 13 Jul 2020 19:27 | ||||||
Last Modified: | 13 Jul 2020 19:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/19478 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |