Anjarsari, Dewi Puspa (2020) Penerapan bauran pemasaran pada produk gadai emas di PT Bank Syariah Mandiri Cabang Buleleng. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14540004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
PT Bank Syariah Mandiri memiliki beberapa produk salah satunya yaitu Gadai Emas, untuk mencapai kelancaran dalam kegiatan pemasaran produk Gadai Emas maka dibutuhkan pemasaran yang baik, karena itulah harus dilakukan bauran pemasaran terhadap produk Gadai Emas guna meningkatkan minat masyarakat di daerah Buleleng yang berkawasan non Muslim untuk lebih memilih produk Gadai Emas yang berlabel syariah, dibandingkan dengan pegadaian konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bauran pemasaran produk Gadai Emas dalam menarik minat masyarakat, untuk mengetahui kendala - kendala yang dihadapi PT Bank Syariah Mandiri Cabang Buleleng dalam proses pemasaran Produk Gadai Emas, dan untuk mengetahui solusi dari PT Bank Syariah Mandiri Cabang Buleleng dalam menghadapi kendala - kendala dalam proses pemasaran produk Gadai Emas tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif menghasilkan data deskriptif. Subjek penelitian ada 5 orang. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data dengan metode triangulasi, metode selanjutnya data disajikan, dan ditarik kesimpulannya.
Dari hasil penelitian PT Bank Syariah Mandiri Cabang Buleleng dalam menjalankan bauran pemasaran menggunakan 7P yaitu Produk (Product), Harga (Price), Tempat (Place), Promosi (Promotion), Orang (People), Proses (Process), Lingkungan Fisik (Physical evidence) pada segmentasi pasar dan sasaran yang dituju.
ENGLISH:
PT Bank Syariah Mandiri has a number of products, one of which is Gold Pawn, to achieve smooth marketing activities for Gold Pawn products, good marketing is needed, because that is the marketing mix of Gold Pawn products to increase the interest of people in the nonMuslim Buleleng area to prefers Gold Pawn products that are labeled sharia, compared to conventional pawnshops. The purpose of this study was to determine the marketing mix of Pawn Gold products in attracting public interest, to find out the constraints faced by PT Bank Syariah Mandiri Buleleng Branch in the process of marketing the Gold Pawn Products, and to find out solutions from PT Bank Syariah Mandiri Buleleng Branch in dealing with obstacles - obstacles in the marketing process of the Gold Pawn product.
This study uses a qualitative approach to produce descriptive data. There were 5 research subjects. Data collected by interview, observation and documentation. Data analysis was performed by reducing the data by the triangulation method, then the data method was presented, and the conclusions drawn.
From the research results of PT Bank Syariah Mandiri Buleleng Branch in carrying out the marketing mix using 7P namely Product (Price), Price (Place), Place (Promotion), Promotion (People), People (Process), Process (Physical), Physical Environment (Physical evidence) on market segmentation and the intended target.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bauran Pemasaran; Produk; Gadai Emas; Marketing Mix; Products; Gold Pawn | ||||||
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Perbankan Syariah | ||||||
Depositing User: | Dewi puspa Anjarsari | ||||||
Date Deposited: | 17 Jul 2020 08:46 | ||||||
Last Modified: | 17 Jul 2020 08:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/18386 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |