Thoriq, Irham (2013) Hubungan dukungan sosial keluarga dengan prestasi belajar siswa SMA Jendral Sudirman Kalipare Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
|
Text (Fulltext)
08410144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah atau mengembangkan perilaku yang diinginkan. Dalam proses belajar siswa, kecerdasan yang terlambangkan melalui prestasi belajar sulit berfungsi dengan baik tanpa partisipasi semua pihak baik dari pihak sekolah maupun dari keluarga. Jika sekolah berfungsi untuk memberi pemahaman dan mengasah kecerdasan intelektual, maka keluarga lebih berfungsi kedalam pemberian motivasi dan dukungan sosial. Tanpa dukungan sosial keluarga, cukup sulit motivasi belajar siswa tinggi, hal ini juga akan berdampak pada prestasi belajar. dukungan sosial keluarga adalah dengan mengkondisikan lingkungan keluarga. .
Dalam penelitian kali ini memiliki tiga rumusan masalah yakni : 1).Bagaimana tingkat dukungan sosial keluarga bagi SMA Jendral Sudirman Kalipare Malang. 2).Bagaimana tingkat prestasi belajar siswa SMA Jendral Sudirman Kalipare Malang. 3).Apakah ada hubungan antara dukungan sosial keluarga bagi siswa SMA Jendral Sudirman Kalipare Malang. Penelitian ini mengguanakan metode kuantitatif dengan menguji teori dan melalui pengukuran variabel-variabel. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara 1).Skala 2).Observasi 3).Angket dan 4).dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adalah untuk varibel dukungan sosial diketahui kalau dukungan sosial ditempat tersebut tinggi dengan presentase 46%, untuk katagori sedang sebesar 40 persen dan untuk katagori rendah sebesar 14%. Sedangkan untuk prestasi belajar hasilnya juga menunjukan tinggi dengan hasil 42%, presentasi sedang sebesar 38% dan untuk katagori rendah terdapat 19% persen. Jadi dengan dominannya presentasi tinggi kepada dua variabel maka ada hubungan positih bagi kedua varibel yang menunjukan semakin tinggi dukungan sosial keluarga maka semakin tinggi juga prestasi belajar. Sedangkan dalam uji korelasi terdapat korelasi yang signifikan yakni sebanyak 0.93,3 antara dukungan sosial dan prestasi akademik. Korelasi ini bersifat positif, sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kompetensi sosial maka semakin tinggi pula tinggi pula prestasi akademik Siswa SMA Jendral Sudirman Kalipare Malang.
ABSTRACT
Education is a business or activity carried on by the deliberate, organized and planned with the intention to modify or develop a desired behavior. In the process of student learning, intelligence can describe by the difficult achievement function properly without the participation of all stakeholders of the school and the family. If school serves to provide understanding and hone the intellectual, the function of family are motivation and social support. Without social support of family, hard enough students' motivation high, it will also have an impact on academic achievement. Family’s social support is to condition the family environment. Knowing the family’s social support for students at Jenderal Soedirman Senior High School Kalipare Malang, Finding high school student achievement of students at Jenderal Soedirman Senior High School Kalipare Malang, and determine the relationship of social support of family and academic achievement of students at Jenderal Soedirman Senior High School Kalipare Malang. The results of the research on students at Jenderal Soedirman Senior High School Kalipare Malang was found that 93.3% correlation between social support and academic achievement. This correlation is positive, so the conclusion is if social competence increase, the academic achievement will be increase of students at at Jenderal Soedirman Senior High School Kalipare Malang
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Jamaluddin, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Dukungan Sosial Keluarga; Prestasi Belajar; Social Support; Academic Achievement; Correlation Analysis | ||||||
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Location: | 170103 | ||||||
Depositing User: | Chusnul Faida Ulfa | ||||||
Date Deposited: | 11 Sep 2015 09:27 | ||||||
Last Modified: | 04 Jul 2023 09:35 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1818 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |