Amirullah, Ravi Udin (2020) Manajemen strategi pelayanan perpustakaan perguruan tinggi berbasis teknologi informasi dalam meningkatkan literasi mahasiswa. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
16170058.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Berhasilnya perpustakaan pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang meraih akreditasi A dan mengembangkan beberapa layanan literasi berbasis teknologi informasi, tentu tidak terlepas dari adanya manajemen strategi yang baik. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk meneliti dengan judul “Manajemen Strategi Pelayanan Perpustakaan Perguruan Tinggi Berbasis Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Literasi Mahasiswa; Studi Kasus di Perpustakaan Pusat UIN Maulana Malik Ibrahim Malang”.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah pertama, mendiskripsikan dan menganalisis perencanaan pelayanan berbasis teknologi informasi di perpustakaan pusat UIN Malang. Kedua, mendiskripsikan dan menganalisis penerapan pelayanan berbasis teknologi informasi di perpustakaan pusat UIN Malang. Ketiga, mendiskripsikan dan menganalisis dampak pelayanan berbasis teknologi informasi di perpustakaan pusat UIN Malang.
Penelitian ini termasuk dalam metode deskriptif analitis, dengan pendekatan kualitatif. Informan penelitian adalah kepala perpustakaan, sekretaris, dan koordinator urusan pengemban teknologi informasi, sedangkan sumber data sekunder berupa buku-buku dan dokumentasi perpustakaan yang berkaitan dengan penelitian ini. Pada penelitian ini data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama; Perencanaan pelayanan berbasis teknologi informasi di perpustakaan pusat UIN Malang dilakukan dengan 4 langkah, yaitu membuat tim khusus, merumuskan 5W + 1H, melakukan analisis SWOT, menyesuaikan perencanaan dengan kemampuan, dan meminta masukan serta menetapkan perencanaan. Kedua; Penerapan pelayanan berbasis teknologi informasi di perpustakaan pusat UIN Malang dilakukan dengan 4 cara, yaitu pengorganisasian dan pemotivasian, pengenalan layanan teknologi informasi perpustakaan, penyelesaian pengaduan, dan mengevaluasi layanan yang telah dikembangkan. Ketiga; dampak pelayanan berbasis teknologi informasi di perpustakaan pusat UIN Malang yaitu dapat membantu mahasiswa dalam menekuni serta mengembangkan studi dan riset mereka, dan juga berhasil meningkatkan literasi mahasiswa secara efektif dan efisien.
ENGLISH:
The central library of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang has been accredited A, and has also developed several information technology-based literacy services. Of course, it is inseparable from the existence of good strategy management. Therefore, researcher is interested in researching with the title "Management Information Technology Based University Library Services Strategy in Improving Student Literacy; Case Study in Central Library of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang".
The purpose of this research is first, to describe and analyze information technology-based service planning in the central library of UIN Malang. Second, describe and analyze the application of information technology-based services in the central library of UIN Malang. Third, describe and analyze the impact of information technology-based services in the central library of UIN Malang.
This research is included in the descriptive analytical method, with a qualitative approach. Research informants are the head of the library, secretary, and coordinator of information technology development, while secondary data sources in the form of books and library documentation relating to this research. In this study data were collected through interview, observation and documentation techniques. The analysis technique in this research is data reduction, data presentation, and drawing conclusions.
The results showed that: First; Information technology-based service planning in the central library of UIN Malang is carried out in 4 steps, namely creating a special team, formulating 5W + 1H, conducting a SWOT analysis, adjusting planning to capacity, and asking for input and establishing plans. Second; The application of information technology-based services in the central library of UIN Malang is done in 4 ways, namely organizing and motivating, introducing library information technology services, resolving complaints, and evaluating the services that have been developed. Third; the impact of information technology-based services in the central library of UIN Malang is to be able to help students pursue and develop their studies and research, and also succeed in increasing student literacy effectively and efficiently
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyono, Mulyono | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | manajemen strategi pelayanan perpustakaan; perguruan tinggi, teknologi informasi; meningkatkan literasi mahasiswa; management strategy of university library service; information technology; improving student literacy Keywords: Management Strategy of University Library Services, Information Technology, Improving Student Literacy | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Ravi Udin Amirullah | ||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2020 10:37 | ||||||
Last Modified: | 19 Jun 2020 10:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/17932 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |