Atiq, Achmad (2020) Pengaruh Penggunaan aplikasi Sistem Ujian Online (Si Ujo) dan Sistem Perpustakaan Digital (Si Padi) terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMPN 27 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110243.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi membawa dampak pada semua bidang, tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. SMPN 27 Malang memanfaatkan perkembangan teknologi dan informasi dengan membuat terobosan baru untuk meningkatkan hasil belajar yaitu dengan membuat aplikasi Si Ujo dan SMPN 27 juga bekerja sama dengan pihak Telkom untuk membuat aplikasi Si Padi. Aplikasi Si Ujo dan Si Padi merupakan seperangkat alat yang dapat memperkaya nilai belajar secara konvensional sehingga dapat menjawab tantangan dari perkembangan globalisasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Aplikasi Si Ujo dan Si Padi hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMPN 27 Malang. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda yang menggunakan kuesioner sebagai instrument untuk pengumpulan data. Selain itu pengumpulan data didukung juga dengan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMPN 27 Malang yang berjumlah 122 siswa. Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling yang dilakukan secara acak adalah sebanyak 48 siswa-siswi yang pernah menggunakan aplikasi Si Ujo dan Si Padi di sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi Si Ujo dan Aplikasi Si Padi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII. Hal ini terbukti dengan di perolehnya nilai signifikasi Aplikasi Si Ujo sebesar 0,035 dan Aplikasi Si Padi sebesar 0,017. Karena signifikasi < 0,05 maka terdapat pengaruh antara aplikasi Si Ujo dan aplikasi Si Padi terhadap hasil belajar siswa. Aplikasi Si Ujo dan Si Padi memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan aplikasi Si Ujo t tabel pada signifikasi 0,05 didapat nilai t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 2,172 > 2,014 dan Aplikasi Si Padi didapat nilai t hitung lebih besar daripada t tabel yaitu 2,475 > 2,014 maka masing-masing dari aplikasi Si Ujo dan Si Padi dinyatakan Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara aplikasi Si Ujo terhadap hasil belajar siswa dan begitu pula aplikasi Si Padi terhadap hasil belajar siswa.
ENGLISH:
The development of information and communication technology has an impact on all fields, including education. SMPN 27 Malang utilizes the development of technology and information by making new breakthroughs to improve learning outcomes by making the exam online system and SMPN 27 also collaborating with Telkom to make the Si Paddy application. exam online system and digital library system applications are a set of tools that can enrich the value of learning conventionally so that they can meet the challenges of globalization.
This study aims to determine the effect of the Application exam online system and digital library system of PAI subjects VIII grade students at SMPN 27 Malang. This research is descriptive with a quantitative approach. The analysis used is multiple regression analysis using a questionnaire as an instrument for data collection. In addition, data collection is also supported by documentation. The population in this study were students of class VIII SMPN 27 Malang, totaling 122 students. Sampling used in this study was Simple Random Sampling which was carried out randomly as many as 48 students who had used the application exam online system and digital library system at school.
The results showed that the Application exam online system and digital library system had a positive and significant effect on the learning outcomes of Grade VIII students. This is proven by the acquisition of Application exam online system significance value of 0.035 and Application digital library system value of 0.017. Because significance <0.05 there is an influence between Application exam online system and digital library system on student learning outcomes. Application exam online system and digital library system have a positive influence on student learning outcomes. This is proven by the Application exam online system t table at 0.05 significance obtained t value greater than t table is 2.172> 2.014 and application digital library system obtained t value greater than t table that is 2.475> 2.014 then each of the applications The exam online system and digital library system were declared Ha accepted and Ho refused. Thus this study found that there is a positive influence between application exam online system on student learning outcomes and so does the application digital library system on student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhdi, A | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | aplikasi si ujo; aplikasi si padi; hasil belajar; the application exam online system; application digital library system; learning outcomes | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 13544 not found. | ||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2020 11:15 | ||||||
Last Modified: | 19 Jun 2020 11:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/17844 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |