Izza, Ni'matul (2019) Penerapan metode bermain peran sebagai upaya peningkatan keterampilan bersosialisasi anak usia dini di RA Mathlahul Huda Poncokusumo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15160027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai penerapan metode bermain peran sebagai upaya peningkatan keterampilan bersosialisasi anak usia dini di RA Mathlahul Huda dipilih karena menurut wawancara dengan pihak guru RA tersebut telah melaksanakan penerapan Metode Bermain peran.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, Wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan pedoman dokumentasi . data yang telah dianalisis dengan model pembelajaran langsung. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan teknik.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1)langkah-langkah penerapan metode bermain peran a) Guru memilih sebuah tema yang akan di mainkan. b) Guru mempersiapkan alat yang akan digunakan oleh peserta didik untuk bermain peran. c)Guru membuat naskah atau jalan cerita yang akan di mainkan. d)Guru mengumpulkan anak untuk di beri pengarahan atau tata cara dalam bermain peran. e)Guru membagikan tugas peserta didik apa yang nanti akan dimainkan dalam drama . f) Guru hanya mengawasi atau sesekali boleh telibat dalam permainan tersebut. g)Guru mengadakan diskusi untuk mengulas kembali nilai-nilai dan pesan yang terkandung dalam cerita untuk peserta didik. 2) ketrampilan belajar siswa meningkat dengan penerapan metode bermain peran yang di terapkan oleh guru kelas dari lokasi penelitian. Nilai-nilai sosial dalam diri anak sudah nampak terlihat. Dengan demikian Metode bermain peran dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan ketrampilan bersosialisasi Anak Usia Dini.
ENGLISH:
This Research aims to describe about the role play method as an effort to improve the early childhood social skills in RA Mathlahul Huda 02 Malang.RA Mathlahul Huda 02 Malang is chosen because according to the interview with the RA teachers,it implemented the role play method.
This research used a qualitative approach with the type of case study research. The research subjects were principal, teachers, parents and students. Data collection methods used observation, interviews and documentations. The research instrument was the researcher herself assisted by using observation guidelines, interview guidelines and documentation guidelines. Data has been analyzed with the direct learning model. Analysis of the data validity was carried out by triangulation and techniques.
This research shows that: 1) the steps of implementation of the role play method are a) the teacher chooses a theme to be played, b) the teacher prepares a tool that will be used by students to play the role play, c) the teacher makes a script or storyline that will be played, d) the teacher gathers the students to be given direction or procedures for the role play, e) the teacher shares what students' assignments will be played in the drama, f) the teacher only supervises or may occasionally be involved in this game, g) the teacher holds a discussion to review the values and messages contained in the story for students. 2) Students' learning skills increase with the implementation of the role play method applied by the teacher of the class from the research location. Social values in students are already visible. Thus the role playmethod can be used as an effort to improve early childhood social skills.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Efiyanti, Alfiana Yuli | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | metode bermain peran; paud; keterampilan bersosialisasi; role play method; early childhood education; social skills | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | Vilanda Mauliya | ||||||
Date Deposited: | 28 May 2020 13:31 | ||||||
Last Modified: | 28 May 2020 13:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/17204 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |