Responsive Banner

Internalisasi nilai-nilai spiritual pada peserta didik dalam budaya keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung

Fatimah, Siti Aliyy (2019) Internalisasi nilai-nilai spiritual pada peserta didik dalam budaya keagamaan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tulungagung. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15110059.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan dipercaya bisa membangun spiritualitas peserta didik menjadi lebih baik. Nilai-nilai spiritual harus ditanamkan kepada peserta didik di sekolah atau madrasah supaya peserta didik memiliki keyakinan dan berpegang teguh terhadap nilai spiritual islam, selalu berperilaku sesuai dengan nilai-nilai islam dalam hidupnya dan mampu untuk menempatkan dirinya dalam kebermaknaan diri yaitu ibadah dengan merasakan dirinya selalu dilihat Tuhan, sehingga ia dapat hidup dengan mempunyai jalan dan kebermaknaan yang akan membawanya terhadap kebahagiaan dan keharmonisan hakiki.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui nilai-nilai spiritual apa yang dikembangkan di MTsN 1 Tulungagung, (2) mengetahui prosesinternalisasi nilai-nilai spiritual dalam budaya keagamaan di MTsN 1 Tulungagung. dan (3) mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung internalisasi nilai-nilai spiritual dalam budaya keagamaan di MTsN 1 Tulungagung.

Jenis Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengambil objek di MTsN 1 Tulungagung. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Proses pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi, sehingga dapat diperoleh data yang valid.

Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, (1) Nilai-nilai spiritual yang dikembangkan pada madrasah di MTsN 1 Tulungagung dalam budaya keagamaan yaitu: nilai iman, nilai takwa, nilai cinta terhadap Alquran,nilai tawaduk, nilai istikamah, nilai ikhlas, nilai sabar, nilai raja’, nilai tawakal, dan nilai sopan santun, (2) Proses internalisasi nilai-nilai spiritual pada peserta didik dalam budaya keagamaan adalah melalui pengenalan dan pengalaman langsung, pembiasaan, keteladanan, pendampingan dan pendekatan personal, (3)Faktor penghambat dihadapi dalam proses internalisasi nilai-nilai spiritual pada peserta didik yaitu latar belakang keluarga peserta didik, media dan lingkungan masyarakat yang kurang mendukung. Faktor pendukung yaitu berasal dari faktor lingkungan keluarga yaitu peran orang tua, lingkungan sekolah yaitu peran guru dan fasilitas madrasah yang mendukung.

ABSTRACT

An education is believed to building the spirituality of students be better. Spiritual values must be instilled in students in schools or islam school for conviction students and solidly of the spiritual values of Islam, always life according to Islamic values in the struggle and adjusted to support the continuity that life seen by God, and live meaningfullnes that will support ultimate happiness and harmony.

This purposes of the research are to : (1) Describe about the spiritual values developed at MTsN 1 Tulungagung, (2) Describe the process of internalizing spiritual values in religious culture at MTsN 1 Tulungagung, and (3) Describe inhibitors and proponent factors of internalizing spiritual values in religious culture in MTsN 1 Tulungagung.

The research used descriptive qualitative research approach that was conducted at MTsN 1 Tulungagung. Data collection was done by observation, interview, and documentation. Data analysis techniques used data collection, data reduction, data presentation and conclusionss. The processs of checking the validity of data by using observational persistence and triangulation, so that can be obtained valid data.

The research results included, (1) Spiritual values developed in religious culture at MTsN 1 Tulungagung are: the value of faith, piety, loving Koran, tawaduk, istiqamah, sincerity, patience, raja’, resignation, and manners. (2) Process of internalizing spiritual values in religious culture are through introduction and direct experience, habituation, example, mentoring and personal approach. (3) Inhibiting factors are family background of students, media and community environment do not support. Supporting factors are the family environment is the role of parents, the school environment is the role of a teachers and good infrasucture fasilities.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Gafur, Abdul
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDGafur, AbdulUNSPECIFIED
Keywords: internalisasi; nilai spiritual; peserta didik; internalization; spiritual value; students
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dila Fadilah
Date Deposited: 28 Apr 2020 14:23
Last Modified: 07 May 2023 20:51
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16868

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item