Sari, Lovi Anita (2019) Strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Tajwid melalui metode Market Place Activity (MPA) di SMP Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Strategi pembelajaran merupakan pendekatan yang menyeluruh dalam sebuah sistem pembelajaran yang berisi serangkaian kegiatan yang didesain secara khusus baik metode ataupun pemanfaatan berbagai sumber untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Oleh sebab itu, untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, guru diharapkan mempunyai beberapa strategi pembelajaran yang dapat memotivasi kembali siswa agar lebih bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan metode market place activity terhadap motivasi belajar di SMP Negeri 3 Malang. (2) mendeskripsikan strategi guru PAI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa/siswi di SMPN 3 Malang. (3) Mendeskripsikan hambatan atau kendala dalam penerapan metode market place activity pada pembelajaran tajwid di SMPN 3 Malang. Pendekatan yang digunakan untuk mencapai tujuan diatas yaitu dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan dengan langkah mereduksi data kemudian menyajikan data dengan beberapa uraian dan menyimpulkan data tersebut.
Metode market place activity adalah suatu pembelajaran yang mengedepankan aktivitas dan kerja sama peserta didik dalam mencari, menjawab dan melaporkan informasi dari sumber dalam sebuah permainan yang mengarah pada pacuan kelompok melalui aktivitas kerja tim dan kecepatannya. Kurangnya pemahaman peserta didik dalam tajwid seringkali membuat mereka tidak bersemangat dalam oleh karena itu, dengan adanya metode Market Place Activity ini peserta didik lebih mudah memahami tajwid sebab Guru dapat memotivasi peserta didik agar tidak mengalami kesulitan dalam pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai.
Berdasarkan hasil penelitian yang berjudul” Strategi Guru PAI dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tajwid Melalui Metode Market Place Activity (MPA) di SMP Negeri 3 Malang” maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Dalam mempelajari ilmu tajwid diperlukan metode yang menarik agar peserta didik termotivasi dalam proses pembelajaran. (2) Dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, guru menggunakan berbagai macam strategi dalam proses pembelajaran. Penerapan Metode Market Place Activity (MPA) pada Pembelajaran Tajwid sangat efektif. Dengan menerapkan metode ini dalam proses pembelajaran, peserta didik juga merasa lebih mudah dalam memahami materi tajwid. (3) Dalam setiap proses pembelajaran pastinya tidak lepas dari hambatan, Adapun hambatan dalam menerapkan metode ini ialah : hambatan secara Intrinsik dan hambatan secara ekstrinsik
ENGLISH :
Learning strategy is a comprehensive approach in a learning system that contains a series of activities specifically designed both methods and the use of various sources to achieve certain educational goal. Therefore, to achieve the learning goals, teacher is expected to have several learning strategy that can motivate students to be more enthusiastic in the learning process. This research aims to: (1) Describe the application of Market Place Activity methods to learning motivation in SMP Negeri 3 Malang. (2) describe the strategy of PAI teachers in increasing student motivation in SMPN 3 Malang (3) Describe the obstacles or constraints in applying the market place activity method in Tajweed learning in SMPN 3 Malang. The approach used to achieve the above objectives is a qualitative research approach to the type of case study research. In the process of collecting data, the authors use the method of observation, interviews and documentation that are analyzed using the steps to reduce the data then present the data with several descriptions and conclude the data.
The method of Market Place Activity is a learning that emphasizes the activities and cooperation of students in finding, answering and reporting information from sources in a game that leads to group racing through team work activities and their speed. Lack of understanding of students in Tajweed often makes them unenthusiastic in the learning process, therefore with this Market Place Activity method, students more easily understand Tajweed because teachers can motivate students, so they do not experience difficulties in learning so that learning objectives will be achieved.
Based on the result of the research entitled "PAI Teacher Strategy in Improving Student Learning Motivation in Tajweed Learning Through the Market Place Activity (MPA) Method in SMP Negeri 3 Malang" can be concluded that: (1) In studying the science of Tajweed interesting method is needed so that student is motivated in the learning process (2) In increasing student motivation, teacher use various strategy in the learning process. The application of Market Place Activity (MPA) Method to Tajwid Learning is very effective. By applying this method in the learning process, student also find it easier to understand the recitation material (3) In every learning process, certainly following by obstacles, the obstacles in applying this method are: Intrinsic barriers and extrinsic barriers
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | strategi guru pai; meningkatkan motivasi belajar siswa; pai teacher strategy; increasing of student learning motivation | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam | ||||||
Depositing User: | Dila Fadilah | ||||||
Date Deposited: | 28 Apr 2020 14:24 | ||||||
Last Modified: | 28 Apr 2020 14:24 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16867 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |