Laili, Nila Nafis Satul (2019) Pendekatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Quran santri di Pondok Pesantren Sentono Agung Darurrahman Urek-Urek Gondanglegi Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110175.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Menghafal Al-Qur’an tidaklah mudah untuk dikerjakan, karena itu dibutuhkan strategi-strategi yang efektif dalam menghafal Al-Qur’an untuk meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri dipondok pesantren agar mampu mencapai target yang optimal. Sebagian santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Sentono Agung Darurrahman Urek-Urek Gondanglegi-Malang masih bersekolah di lembaga pendidikan umum. Dalam menangani kesulitan tersebut salah satu cara yaitu dengan membuat strategi dalam rangka meningkatkan kemampuan menghafal santri, khususnya pada santri yang masih menyandang status bersekolah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Untuk mengetahui bagaimana pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam meningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Sentono Agung Darurrahman Urek-Urek Gondanglegi-Malang. (2) Untuk mengetahui bagaimana metode yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Sentono Agung Darurrahman Urek-urek Gondanglegi-Malang.
jenis penelitian studi kasus untuk memperoleh deskripsi yang utuh dan mendalam. Instrument kunci adalah peneliti sendiri, dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data di analisis dengan cara mereduksi data, memaparkan data dan manarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pendekatan yang di gunakan oleh guru yang dilakukan di Pondok Pesantren Darurrahman yaitu pendekatan yang berpusat pada guru dan berpusat pada murid. Disini seorang guru akan memberikan pendekatan dengan cara membimbing seorang santri untuk terus menghafal dan murid juga akan termotivasi dengan apa yang sudah di lalukan oleh gurunya. (2) Metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengahafal Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Darurrahman yaitu adalah metode klasik yang sudah umum digunakan dan itu adalah salah satu metode Nabi yaitu : Metode Talaqqi, Muraja’ah dan Mu’aradah. Dalam bentuk pelaksanaan murajaah ada metode yang sangat di unggulkan yaitu Bin Nadzor dan murottal. Metode ini sangat membantu meningkatkan kemampuan menghafal di Pondok Pesantren Darurrahman.
ABSTRACT
Memorizing Quran is not an easy task to do, therefore, effective strategies are required to improve the Quran memorization skill of the students so they can achieve the optimal target. Half of the Quran memorizers at Sentono Agung Darurrahman Islamic Boarding School, Urek-Urek, Gondanglegi, Malang, are still studying in public educational unit. One of the methods to resolve the problem is by creating strategies to improve the memorization skills of the students, especially those who are still at school.
The purposes of this research were to: (1) To find out how the approach used in improving the ability to memorize of the Al-Qur’an students at Sentono Agung Darurrahman Islamic Boarding School, Urek-Urek, Gondanglegi, Malang; and, (2) To find how the method used in proving the ability ability to memorize of the Al-Qur’an students at Sentono Agung Darurrahman Islamic Boarding School, Urek-Urek, Gondanglegi, Malang.
In order to achieve the aforementioned purpose, qualitative approach with study case research type was conducted to obtain comprehensive and in-depth description. The key instrument was the researcher herself, and the data collection techniques were observation and interview. The data were analyzed by reducing and describing data, as well as drawing conclusion.
The research’s result showed that:The approaches used by the teachers of Darrurahman Boarding School were teacher-centered and student-centered. A teacher would approach the students by guiding a student to keep memorizing and then the student would be motivated by the teacher’s action; (2) The methods used to improve the students’ memorization skill at Darrurahman Boarding School were classic methods that were commonly used and included as ones of the Prophet’s methods, which were Talaqqi, Muraja’ah and Mu’aradah methods. In implementing muraja’ah, the seeded methods were Bin Nadzor and murottal. These methods were very helpful in improving the memorization skill at Darurrahman Boarding School.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahyuni, Esa Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Kemampuan; Menghafal Al-Qur’an; Strategy; Skill; Quran Memorization | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Rizal Fahlafi | ||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2020 13:08 | ||||||
Last Modified: | 05 Jun 2023 14:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16836 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |