Ashifana, Zuan (2019) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi Bilal: A New Breed Of Hero. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110197.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter merupakan pendidikan paling pokok di antara pendidikan yang lain, namun sayang sekali pendidikan karakter ini semakin lama semakin pudar. Pudarnya pendidikan karakter terlihat pada berbagai ketimpangan yang berada dalam masyarakat khususnya dikalangan remaja, para generasi muda. Kenyataan pahit ini sangat disayangkan sebab generasi muda adalah aset negara yang akan memimpin dan mengurus bangsa dimasa depan namun karena perkembangan zaman serta faktor-faktor lain generasi muda kita mengalami kemunduran.Meskipun perkembangan zaman memiliki dampak buruk seperti di atas namun, fenomena ini juga memiliki dampak positif seperti perkembangan teknologi dan perkembangan manusia dengan berbagai kreatifitasnya, yang kemudian melahirkan berbagai jalan untuk memperbaiki kemunduran karakter yang melanda masyarakat. Salah satunya adalah media penyampaian pesan yang bermacam-macam, dan yang paling populer adalah “film”, yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi pemikiran orang lebih kuat dibandingkan dengan media lainnya sebab di dalam film terdapat tokoh-tokoh dan jalan cerita yang dapat menyentuh hati para penonton, sehingga dengan adanya media yang bersahabat dengan masyarakat ini maka penanaman nilai-nilai pendidikan karakter akan terbantu, khususnya untuk anak-anak dan kalangan remaja yang sering menikmati film, salah satunya adalah film animasi garapan Saudi Arabia yang berjudul Bilal: A New Breed of Hero. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi “Bilal: A New Breed of Hero”, (2) mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” terhadap nilai-nilai pendidikan Islam.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan menggunakan teori semiotika Roland Barthes dan termasuk jenis penelitian dokumentary research. Dalam pengumpulan data pada penelitian ini digunakan teknik dokumentasi dan data dianalisis menggunakan metode content analysis yaitu menganalisis isi dialog antar karakter, setting serta kejadian yang terdapat dalam film.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) terdapat nilai karakter dalam film animasi “Bilal: A New Breed of Hero” yaitu nilai kejujuran, nilai religius, nilai toleransi, nilai kerja keras, rasa ingin tahu, nilai bersahabat atau komunikatif, nilai cinta damai, nilai peduli sosial, nilai tanggungjawab, berani mengambil risiko, dan nilai sabar. Nilai-nilai karakter yang ditemukan ini pun memiliki relevansitas terhadap nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Hadits.
ENGLISH:
Character Education is the most basic education among the others education, but unfortunatelyit isincreasingly fading.It can be seen from the inequality of society, especially among teenagers or young people. This factis unfortunate condition. The young generation is state assets that will lead and manage this nation in the future but nowadays our young generation suffers a setback of their characters. It happened because of the current development and also other factors. However this phenomenon also has positive impacts such as technological development and human development with a variety of creativity. It can create various ways to improve the deterioration of character in society.One of the ways is by using the movie as a media. Movie has the power to influence people's thinking more strongly than other media because movie has characters and storylines that can touch the audience heart.The existence of this media is helpful to instill the values of character education, especially for children and teenagers or young people who often enjoy it. One of the movies is an animation movie created by Saudi Arabia with a title “Bilal: A New Breed of Hero”.This research aims to: (1) determine the values of character education in the animation movie of “Bilal: A New Breed of Hero”, (2) know the relevance of the values of character education in the animation movie of “Bilal: A New Breed of Hero”to the values of Islamic education.
This research usedqualitative approach using semiotic theory of Roland Barthes and it was a documentary research type. In collecting data it used documentation technique and data were analyzed using content analysis method, namely analyzing the contents of the dialogue among the characters, settings and events of thismovie.
This research shows there are character values in the animation movie of"Bilal: A New Breed of Hero", namely honestyvalue, religious value, tolerance value, hard work value, curiosity, friendly or communicative value, peace love value, social care value, responsibility value, the courage to take risks value, and patience value. The character values found also have relevance to the values of Islamic education contained in the Qur'an and Hadith.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asrori, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | nilai; pendidikan karakter; film bilal: a new breed of hero; values; character education; themovie of “bilal: a new breed of hero” | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Fatih Fatih | ||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2020 13:44 | ||||||
Last Modified: | 11 Apr 2020 12:23 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16827 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |