Furqon, Muhammad (2019) Analisis penerapan strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan pendapatan usaha: Studi pada Toko Emas Barokah Turen Malang Jawa Timur. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510198.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Persaingan yang semakin luas mengharuskan adanya strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh pengusaha Toko Emas Barokah Turen Malang agar usahanya tetap berkembang. Melalui aneka ragam strategi pemasaran seperti strategi bauran pemasaran diharapkan dapat mengangkan penghasilan pendapatan dan mempertahankan pembelinya untuk melakukan pembelian ulang. Strategi bauran pemasaran 9P (9P’s of Marketing Mix) yaitu product, price, place, promotion, people, process, physical evidience, payment, dan packaging. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran dan implikasinya yang didapat oleh Toko Emas Barokah Turen Malang Jawa Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian ini pada empat orang yaitu dua orang penjual dan dua orang konsumen. Teknik pengumpulan data peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah triangulasi yaitu pengumpulan data yang bersifat menggabungkan dari berbagai teknik pengumpulan data dan sumber data yang telah ada.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan adalah dengan melengkapi varian produk, harga yang bervariasi untuk kejangkauan konsumen, lokasi yang strategis, sehingga dapat diketahui penerapan stareginya berhasil digunakan. Dapat ditarik kesimpulan penerapan strategi bauran pemasaran sudah tergolong baik dan dapat bersaing dengan toko emas lainnya.
ENGLISH:
Wider competition requires marketing strategies that can be used by Turen Malang Barokah Gold Shop entrepreneurs so that their business continues to grow. Through a variety of marketing strategies such as the marketing mix strategy, it is expected to be able to earn income and maintain buyers to make repeat purchases. The 9P (9P's of Marketing Mix) marketing mix strategy is product, price, place, promotion, people, process, physical evidence, payment, and packaging. The purpose of this study was to determine the application of the marketing mix strategy and its implications obtained by the Barokah Gold Shop in Turen Malang, East Java.
This research uses a descriptive qualitative approach. The subjects of this study were four people, two sellers and two consumers. Data collection techniques researchers use are observation, interviews and documentation. Analysis of the data used is triangulation, namely the collection of data that is combining various data collection techniques and existing data sources.
From the results of the study showed that the marketing mix strategy adopted was to complete product variants, varying prices for consumer affordability, strategic location, so that it can be known that the application of the strategy was used successfully. It can be concluded that the application of the marketing mix strategy is already quite good and can compete with other gold shops.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | strategi; bauran pemasaran; produk; harga; tempat/distribusi; promosi; sumber daya manusia; proses; bukti fisik; pengemasan; pembayaran; strategy; mix marketing; product; price; place / distribution; promotion; human resources; process; physical evidence; packaging; payment | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Users 12580 not found. | ||||||
Date Deposited: | 02 Apr 2020 12:48 | ||||||
Last Modified: | 21 Mar 2023 11:09 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16778 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |