Aprilia, Rina (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis soal cerita puzzle (socepu) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran matematika operasi bilangan penjumlahan dan pengurangan kelas I di Sekolah Dasar Swasta Roudlotul Ulum Bangil. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15140014.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Soal cerita adalah salah satu materi pembelajaran yang ada dalam muatan matematika. Pada pembelajaran matematika banyak yang beranggapan bahwa sulit untuk dipahami, terlebih khusus pada soal cerita, hal itulah yang membuat peneliti berinisiatif menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran soal cerita puzzle matematika atau bisa disingkat dengan SOCEPU adalah media yang menggunakan kalimat singkat serta menggunakan gambar yang menarik yang dapat memudahkan siswa yang diharakan dapat menambah ketertarikan dan semangat siswa dalam belajar sehingga dapat menambah nilai hasil belajar siswa.
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan prosedur pembuatan media pembelajaran soal cerita puzzle matematika. (2) mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran soal cerita puzzle terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media pembalajaran soal cerita puzzle matematika.
Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, maka digunakannya pendekatan penelitian research and development (R&D) dengan jenis pengembangan dan penelitian media pembelajaran, sedangkan model pengebangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan wawancara, observasi, angket kepada validator serta angket pretest dan post test kepada siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) Prosedur pembuatan media pembejaran langkah pertama yang dilakukan adalah tahapan analisis pencarian informasi terkait dengan materi soal cerita matematika operasi penjumlahan dan pengurangan. Tahap kedua adalah proses perencaan pembuatan media pembelajaran soal cerita puzzle matematika. Selanjutnya adalah pengembangan media pembelajaran soal cerita puzzle matematika. Tahapan selanjutnya adalah validasi dan uji coba. Validasi dilakukan oleh tiga validator yaitu validator isi, validator media, dan validator pembelajaran. Tahapan yang terakhir adalah tahap evaluasi terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan. Selanjutnya dilakukan tahap uji coba. (2) Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil bahwa thitung = 4,78 sedangkan ttabel = -9,43, artinya media pembelajaran soal cerita puzzle sudah baik diterapkan pada siswa kelas I SD Roudlotul Ulum Bangil.
ENGLISH:
The problem of the story is one of the learning material that exists in mathematical. Many mathematics learning assume that it is difficult for students to understand, especially in the matter of stories, which is what makes researchers take the initiative to use learning media. The learning media of mathematical puzzle story problems or can be abbreviated as SOCEPU is media that uses short sentences and uses interesting images that can facilitate students who are expected to be able to increase students' interest and enthusiasm in learning so that they can add value to student learning outcomes.
The purpose of this study is to: (1) Describing the making procedure of making learning media mathematical puzzle story questions. (2) Describing the effect of learning media on puzzle story problems on student learning outcomes using learning media math puzzle story questions.
To achieve the expected goals, the research and development (R&D) research approach is used with the type of learning media development and research, while the firing model used is the ADDIE development model. The data collection is done by using interviews, observations, survey to validator and survey pretest and post test to students.
The results of the study show that, (1) the procedure for making the media for the chase the first step taken is the information search analysis stage related to the content of the material in the mathematical story of the addition and subtraction operations. The second stage is the planning process for making learning media about math puzzle story problems. Next is the development of learning media mathematical puzzle story questions using the CorelDraw X7 application. The next stage is validation and trial. Validation is done by three validators, namely the content validator, media validator, and learning validator. The last stage is the evaluation phase of the learning media that has been developed. Next is the trial phase. (2) Based on the results of the trial results obtained that t count = 4.78 while t table = -9.43, which means that the learning media about puzzle story questions has been well applied to students in class I to elementary school Roudlotul Ulum Bangil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | media; soal cerita matematika; hasil belajar; media; mathematical story questions; learning media | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Abdul Malik Fajar | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2020 12:01 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2020 12:01 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16769 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |