Maulida, Laela Vitrotin (2018) Pengembangan media flash card dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di MI Bahrul Ulum Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14140133.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran bahasa Arab karena merupakan mata pelajaran yang kurang diminati oleh siswa, materi yang penuh dengan hafalan, dan kurangnya media pembelajaran yang menunjang dalam proses pembelajaran, sehingga banyak siswa yang tidak tertarik, tidak bersemangat serta kurang memperhatikan guru ketika pelajaran. Sehingga pemahaman siswa pun berkurang. Melalaui pengembangan media flash card bahasa Arab ini diharapkan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk : (1) menjelaskan media pembelajaran flash card pada materi fi Ghurfah al Mudzakaroh siswa kelas V MI Bahrul Ulum Kota Batu. (2) menjelaskan tingkat kelayakan pada media flash card materi fi Ghurfah al Mudzakaroh siswa kelas V MI Bahrul Ulum Kota Batu(3) menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media flash card pada siswa kelas V MI Bahrul Ulum Kota Batu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah Reserch and Development (R&D), dengan model Borg & Gall dengan 10 langkah yaitu penelitian dan pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, validasi, revisi produk, uji coba lapanagan revisi produk ahir, uji coba lapangan, desiminasi dan implementasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) produk yang dihasilkan dari penelitian dan pengembangan ini berbentuk media flash card bahasa Arab pada materi fi Ghurfah al Mudakaroh, yang terdiri dari 2 bentuk yaitu flash card dan kamus pendamping materi fi Ghurfah al Mudzakaroh untuk siswa kelas V MI Bahrul Uum. (2) hasil uji coba pengembangan media flash card ini memiliki tingkat kevalidan dari ahli materi/isi 88%, ahli desain 96%, dan ahli pembelajaran 96%. pada tabel kevalidan produk, hasil ini masuk pada kategori yang sangat layak, artinya tidak memerlukan revisi dan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak. (3) perbedaan hasil belajar siswa rata-rata pre-test adalah 66,66 dan nilai post-test adalah 81,5. dan hasil jumlah hafalan mufrodat siswa dari 0 sampai 6 mufrodat menjadi 4 sampai 15 mufrodat dari keseluruhan 30 mufrodat yang ada, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan terhadap media yang dikembangkan. Dari hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan dapat mempengaruhi hasil belajar siswa kelas V MI Bahrul Ulum kota Batu. Dengan demikian, media flash card layak digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab.
ENGLISH :
This reserch is motivated by the lack of student interest in learning, especially in arabic studies because it is a subject that is less desirable. Because the large amount of material that is filled with memorizing and lack of learning media that support the learning process, so many students are not interested, not excited, and less attentition to the teacher during the lessons, and the students understanding was reduced. Through the development of media flash card to improve learning outcomes of students.
The purposes of this study are: (1) to explain the flash card media on the study room materials of fifth grade of MI Bahrul Ulum Batu City. (2) to explain the feasibility of flash card media on the study room materials of fifth grade of MI Bahrul Ulum Batu City. (3) to explain the differences of learning result before and after using the flash card media of fifth grade of MI Bahrul Ulum Batu City.
The research used Research and Development (R&D), with a model by Borg & Gall. The research steps used were research and initial informationn collection, planning, initial product, format development, initial test, validation, product revision, field execution test, dessemination and implementation.
The results of this study indicated that, (1) the product produced from this research and development is in the form of flash card arabic media on the study room material consisting of two forms of flash card and companion dictionary for grade fifth of MI Bahrul Ulum, (2) the result of the the development of the flash card media has the level of validity of the material/contents 88%, design experts 96%, and 96% learning expert. In the table of Validity and product, this result belongs to a very decent category, meaning that it does not require revision and can be implemented in learning actiities. The learning media that was developed was valid. (3) the difference results of student avarage pre-test is 66,66 and post-test score is 81,5. And the results of the number of students memorizing mufrodat from zero to six to four to fifteen of the result thirty mufrodat available, so there is a significant difference to the media developed. Form the results obtained shows that the product developed can affect learning outocomes fifth grade students of MI Bahrul Ulum Batu . Thus, Flash card media eligible for use in Arabic learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasanah, Mamluatul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pengembangan; media; flash card; bahasa arab; development; media; flash card; arabic learning | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Abdul Malik Fajar | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2020 13:13 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2020 13:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16749 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |