Rochimah, Siti (2019) Pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SD Sumberagung Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140131.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (10MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media ini dilakukan karena majunya era digital masa kini. Agar pendidikan tak lepas dengan perkembangan zaman, dibuatlah media berbentuk video animasi ini. Media berbentuk video animasi memiliki berbagai keuntungan lainnya misalnya lebih menarik dan praktis. Hal ini sesuai dengan kebutuhan siswa yang mana kurang memiliki minat belajar pada pelajaran matematika. Padahal minat belajar memiliki pengaruh penting terhadap proses belajar.
Tujuan peneliti mengembangkan media pembelajaran ini adalah: (1) mendeskripsikan desain pengembangan media pembelajaran berbentuk video animasi yang dibuat peneliti (2) mendeskripsikan kemenarikan media pembelajaran berbentuk video animasi (3) mendeskripsikan peningkatan minat belajar siswa menggunakan media pembelajaran berbentuk video animasi.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan jenis penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari : Analisis, Desain, Development, Implementasi, dan Evaluasi. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada 3 ahli yaitu ahli desain, ahli materi, dan ahli pembelajaran Matematika. Sasaran uji coba produk adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 14 siswa.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran video animasi pada pokok bahasan keliling dan luas segitiga di kelas IV memenuhi kriteria baik/valid dengan hasil uji ahli desain media mencapai tingkat kevalidan 80%, ahli materi 71%, dan ahli pembelajaran mencapai 88%. Skor pretest untuk pengukuran minat belajar seluruh siswa mencapai 297 atau 66% dan posttest mencapai 365 atau 81%. Pada uji N-gain diperoleh hasil 0,44. 3. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan Peningkatan hasil pretest dan posttest pada minat belajar siswa dengan menggunakan uji t di SPSS adalah sebesar 8, 33. Sedangkan Peningkatan hasil pretest dan posttest pada data hasil belajar siswa adalah sebesar 2,44s. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan minat belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil angket sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran berbentuk video animasi pada siswa kelas IV SD Negeri Sumberagung Peterongan Jombang.
ENGLISH:
This media development is carried out because of the advancement of the digital era today. In order that education can not be separated with the development of the times, so researcher made this animated video media. Media in the form of animated video has various other advantages, for example,it is more interesting and practical. This is in accordance with the needs of students who have less interest in learning mathematics. Though interest in learning has an important influence on the learning process.
The purpose of researcher developing this learning media are: (1) describing the design of learning media development in the form of animated video created by researcher (2) describing the attractiveness of learning media in the form animated video (3) describing the increase in students learning interest using learning media in the form animated video.
The research method used in this research is Research and Development (R&D) with the type of development research that uses ADDIE development models consisting of: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subject of product evaluation for the feasibility of instructional media is limited to 3 experts namely design expert, material expert, and Mathematics learning expert. The product trial target were all grade IV students, totaling 14 students.
The results of research on the development of video animation learning media on the subject of the circumference and area of the triangle in class IV meet the criteria of good / valid with the results of the test of media design experts reaching a validity level of 80%, material experts 71%, and learning experts reaching 88%. The pretest score for measuring the interest in learning for all students reached 297 or 66% and posttest reached 365 or 81%. In the N-gain test the results are 0.44. Then it can be concluded that there is an increase in student interest in learning that can be seen from the results of the questionnaire before and after using instructional media in the form of animated videos in fourth grade students of Sumberagung Elementary School Peterongan Jombang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | media video animasi; minat belajar; learning interest | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Mrs Dian Anesti | ||||||
Date Deposited: | 04 Apr 2020 12:45 | ||||||
Last Modified: | 04 Apr 2020 12:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16734 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |