Durotunadiroh, Durotunadiroh (2019) Pengaruh penerapan permainan geometri untuk meningkatkan kecerdasan matematika logis anak usia 4-5 tahun di RA Hasanul Amin Talun Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (fulltext)
15160036.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) | Preview |
Abstract
ENGLISH:
The Logical Mathematical Intelligence is the intelligence which is related with number and the logical whose capability can be used for solving the problem and thinking logically. This geometry game is a tool for helping to increase the child logical math intelligence. This is designed with interesting design in order to invite the children to be more enthusiastic in this learning education. This game will use many colors and shape. And it is expected that it can interest the children and it can enhance their knowledge and understanding.
The purposes of this research are (1) Knowing the process of this geometry game is for increasing the child logical math intelligence in RA Hasanul Amin TalunBlitar, (2) Knowing the effect of the implementation of geometry game in the logical math intelligence in RA Hasanul Amin TalunBlitar.
This research uses the quantitative approach which is supported by the kind of the quantitative research. It is the research method which is used for seeking the effect of a treatment of the restrained condition. The process of the implementation of this geometry game has many steps, they are : (1) Preparation (Arrange the research plan, Choose the research place, and Prepare the research), (2) Implementation (Do pre-test, Give the treatment, Do post-test), (3) Analyze database.
From the result of this research shows that the implementation of this geometry game uses the scientific approach whose activities are started by opening, main, and closing. After being implemented this geometry game, their level of the logical math intelligence increases by 30%. It can be showed on their result of their pre-test is 507. Then it increases by 610 on their post-test. To know the effect of the implementation of this geometry game is used test t with the coefficient 0,05 which gets from t_hitung (4,035) and t_tabel (2,101). It shows that t_hitung>t_tabel. So, Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion is there is the effect of the implementation of geometry game in order to increase the child logical math intelligence.
INDONESIA:
Kecerdasan matematika logis merupakan kecerdasan yang berkaitan dengan angka dan juga logika yang mana kemampuan tersebut dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah dan mampu berfikir secara logis. Permainan geometri ini merupakan suatu sarana untuk membantu meningkatkan kecerdasan matematika logis anak. permainan ini di desain cukup menarik agar anak lebih antusias dalam kegiatan pembelajaran. Dimana nantinya permainan ini menggunakan warna-warna serta bentuk-bentuk yang diharapkan penerapannya mampu menarik minat siswa serta mampu menambah pemahaman dan pengetahuan anak.
Tujuan daripada penelitian ini adalah : (1) Mengetahui proses penerapan permainan geometri untuk meningkatkan kecerdasan matematika logis di RA Hasanul Amin Talun Blitar, (2) Mengetahui pengaruh dari penerapan permainan geometri terhadap kecerdasan matematika logis di RA Hasanul Amin Talun Blitar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang didukung dengan jenis penelitian kuantitatif, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh sebuah perlakuan terhadap suatu kondisi yang terkendalikan. Proses dari penggunaan permainan geometri ini memiliki beberapa tahap, sebagai berikut: (1) Tahap pra-lapangan (menyusun rancangan penelitian, memilih lapangan penelitian, menyiapkan penelitian), (2) Tahap lapangan (mengadakan pretest, memberikan perlakuan, mengadakan posttest), (3) Analisis data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan permainan geometri dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintifik, yang kegiatannya diawali dengan dengan kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Tingkat kecerdasan matematika logis anak setelah diterapkannya permainan geometri ini mengalami peningkatan sebesar 31%. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil awal berupa pretest sebesar 507, kemudian meningkat menjadi 610 pada hasil postest. Untuk mengetahui pengaruh dari penerapan permainan geometri ini dilakukan uji t dengan tingkat koefisien 0,05 yang diperoleh hasil t_hitung (4,035) dan t_tabel (2,101) hal tersebut menunjukkan bahwa t_hitung ˃ t_tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan permainan geometri dalam meningkatkan kecerdasan matematika logis anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Irawan, Wahyu Henky | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kecerdasan Matematika Logis; Permainan Geometri; Logical Mathematical Intelligence; Geometry Game | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | Vilanda Mauliya | ||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2020 16:32 | ||||||
Last Modified: | 13 Jun 2023 14:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16727 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |