Rosyda, Hanifatu (2019) Penggunaan metode ekspresi bebas untuk meningkatkan kreatifitas menggambar anak di RA GUPPI Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (FULLTEXT)
15160019.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ENGLISH:
Developing and increasing drawing creativity for children is not easy. The learning method is one of the supporting factors in learning. For increasing the drawing creativity for children, the teacher can provide reinforcement by using the free expression method in the activity of teaching and learning in classroom.
This research aims to: (1) Describe the planning in the utilizing of free expression methods to enhance children's drawing creativity in RA GUPPI Blitar, (2) describe the process of implementing the utilizing of free expression methods to enhance children's drawing creativity in RA GUPPI Blitar, (3) determine the teacher's evaluation in the utilizing of free expression methods to enhance children's drawing creativity in RA GUPPI Blitar.
This research used a qualitative research type with a descriptive approach. The researcher came to the field to examine and see directly that has been carried out in the field. Data collection techniques used observation, interviews and documentation. Furthermore, data analysis was performed by analysis during data collection namely descriptive analysis. Data validity technique used the triangulation of data sources.
It shows that in the beginning of the learning activity, the teacher invites the children to choose a theme to be drawn, then explains to the children about the media used to draw, and explains the activities that children will do. They draw and color according to their own imagination and thought in accordance with what they have seen without the teacher’s help. The results of these activities are children are able to take part in the drawing competition in the provincial level and be the winner. In daily drawing learning the teacher evaluates after the learning takes place and in the learning evaluation, the teacher uses the assessment of the star shape to the children's work.
INDONESIA:
Mengembangkan dan meningkatkan kreativitas khususnya menggambar yang dimiliki pada diri anak tidaklah mudah. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor pendukung dalam pembelajaran. Dalam meningkatkan kreativitas menggambar yang dimiliki anak, guru dapat memberikan penguatan dengan menggunakan metode ekspresi bebas dalam kegitan belajar mengajar di dalam kelas.
Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk: (1) mendeskripsikan perencanaan dalam menggunakan metode ekspresi bebas untuk meningkatkan kreativitas menggambar anak di RA GUPPI Kabupaten Blitar, (2) mendeskripsikan proses pelaksanaan penggunaan metode ekspresi bebas untuk meningkatkan kreativitas menggambar anak di RA GUPPI Kabupaten Blitar, (3) mengetahui evaluasi guru dalam penggunaan metode ekspresi bebas untuk meningkatkan kreativitas menggambar anak.
Untuk mencapai suatu tujuan yang telah di paparkan di atas, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu peneliti datang ke lapangan untuk meneliti dan melihat secara langsung yang terlah terjani di lapangan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data dilakukan dengan analisis selama pengumpulan data yaitu analisis deskriptif. Selanjutnya untuk teknik keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber data.
Adapun untuk hasil penelitian penggunaan metode ekspresi bebas untuk meningkatkan kreativitas menggambar anak di RA GUPPI Kabupaten Blitar yaitu menunjukkan bahwa: di awal pelajaran guru mengajak anak untuk memilih tema yang akan di gambar anak menjelaskan media yang di gunakan untuk menggambar dan menjelaskan kegiatan yang akan dilakukan anak-anak. Anak menggambar dan mewarnai sesuai dengan imajinasi dan pemikirannya sendiri sesuai dengan apa yang pernah anak lihat tanpa adanya bantuan dari guru. Hasil dari adanya guru menggunakan metode ekspresi bebas untuk kreativitas menggambar anak. Anak mampu mengikuti perlombaan menggambar sampai tingkat provinsi dan mendapatkan juara pertama. Dalam pembelajaran menggambar sehari-hari guru melakukan evaluasi setiap selesai pembelajaran berlangsung dan dalam pemberian penilaian guru menggunakan penilaian bentuk bintang ke hasil karya anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode ekspresi bebas; kreativitas menggambar anak; free expression method; children's drawing creativity | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | Vilanda Mauliya | ||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2020 09:38 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2020 09:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16691 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |