Acistamaya, Feditat (2019) Upaya pengenalan sains melalui flora praktikum dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak Kelompok B di RA Al-Qur’an Baipas Raudhatul Jannah Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (fulltext)
15160017.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ENGLISH:
Science is an inquiry process or method to observe various natural phenomenon. Science activities is needed for pre-elementary school students since it enables them to learn to observe questions, explore, experiment, predict and train their problem-solving skill. During the learning process, it is important to directly connect the children with their relevant background knowledge.They are able to study science through practicum activity by using games. During the practicum, they get a real life, meaningful and fun experience. The research aims to find out cognitive skill of the students of RA Al-Qur’an Baipas Raudhatul Jannah Kota Malang after being given science introduction through practicum of flora.
The researcher employs a quantitative approach and One-Group Pretest-posttest experimental design. The researcher employs research instruments to collect the data, and T-test to analyze the data.
The result of the study shows that the learning using practicum of flora is able to provide conducive learning atmosphere and improve students’ cognitive skill. The evidence is supported with students’ pretest mean score (before the treatment), that is 20.9. Meanwhile, students’ posttest mean score is 33.7. To test the hypothesis, the t-test is conducted and by using the formula, the result shows that its significance level is 0.05, the tcount(3.5865) and the ttable (2.160). It means that tcount > ttable. It can be concluded that the science introduction effort through Dpracticum of flora is effective to improve the cognitive skill of Group B students in RAAl-Qur’an Baipas Raudhatul Jannah Kota Malang.
INDONESIA:
Sains adalah suatu proses atau metode penyelidikan (inquiry methods) untuk mempelajari berbagai fenomena alam. Kegiatan sains sangat diperlukan untuk anak usia dini karena melalui kegiatan sains anak dapat belajar mengobservasi pertanyaan, menggali, melakukan percobaan atau eksperimen, memprediksikan dan keterampilan-keterampilan memecahkan masalah. Hal ini menjadi penting bahwa saat pembelajaran hendaknya dihubungkan langsung dengan apa yang telah diketahui anak dan relevan dengan mereka.Anak akan lebih mudah mengenal sains melalui kegiatan praktikum dengan bermain. Ketika melakukan praktikum anak-anak memperoleh mengalaman yang nyata, bermakna dan menyenangkan.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan kognitif anak RA Al-Qur’an Baipas Raudhatul Jannah Kota Malang setelah diberikan pengenalan sains melalui flora praktikum.
Penelitian ini mengunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis Eksperimen. Jenis Eksperimen yang digunakan adalah Desain One-Group Pretest-posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian dan data analisis menggunakan uji-t.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan flora praktikum mampu untuk memberikan kondisi belajar yang dapatmeningkatkan kemampuan kognitif anak. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata anak pada hasil pretest (sebelum perlakuan) adalah 20,9, sedangkan skor rata-rata anak pada hasil posttest adalah 33,7. Kemudian untuk mengetahui hasil uji hipotesis dilakukan dengan uji t tingkat kemaknaan 0,05 dengan rumus diperoleh hasil bahwa thitung(3.5865) sedangkan ttabel (2,160) hal tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel. Disimpulkan bahwa upaya pengenalan sains melalui flora praktikum efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak kelompok b di Ra Al-Qur’an Baipas Raudhatul Jannah Kota Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wibowo, Agus Mukti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengenalan Sains; Flora Praktikum; Kemampuan Kognitif; Science Introduction; Practicum of Flora; Cognitive Skill | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini | ||||||
Depositing User: | Vilanda Mauliya | ||||||
Date Deposited: | 06 Apr 2020 09:27 | ||||||
Last Modified: | 06 Apr 2020 09:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16689 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |