Responsive Banner

Pengembangan media pembelajaran Scrapbook pada tema indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Hidayah

Rahayu, Amelia (2019) Pengembangan media pembelajaran Scrapbook pada tema indahnya kebersamaan subtema 1 keberagaman budaya bangsaku untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Al-Hidayah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15140153.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pengembangan media pembelajaran scrapbook merupakan salah satu alternatif untuk menunjang hasil belajar siswa. Ketika kegiatan pembelajaran kesulitan menggunakan media dan membuat media yang konkrit pada pembelajaran IPS. Siswa kurang aktif dan tidak antusias saat kegiatan pembelajaran. Mengakibatkan siswa tidak menguasai materi yang disampaikan sehingga hasil belajar siswa kurang dari nilai KKM. Media scrapbook berisi tentang buku tempelan hiasan bergambar, ilustrasi sesuai dengan karakter siswa agar lebih berimajinatif dan menyenangkan. Media scrapbook membuat siswa lebih mudah memahami materi dan tidak membosankan dalam belajar, karena media scrapbook sebuah buku yang unik dan kemasannya menarik.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan desain media pembelajaran scrapbook pada subtema keberagaman budaya bangsaku. (2) menjelaskan tingkat kelayakan media pembelajaran scrapbook pada subtema keberagaman budaya bangsaku. (3) menjelaskan perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran scrapbook pada siswa kelas IV MI Al-Hidayah Malang.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa scrapbook. desain yang digunakan dalam pengembangan ini mengadopsi pada model desain Borg and Gall. Validasi kelayakan dilakukan 3 ahli yaitu ahli desain, ahli materi dan ahli pembelajaran. Uji coba berupa angket untuk siswa kelas IV MI Al-Hidayah Malang.

Hasil penelitian ini menghasilkan produk berupa media scrapbook subtema 1 keberagaman budaya bangsaku kelas IV. Tingkat kelayakan dari hasil validasi ternukti valid dengan persentase rata-rata hasil dari validasi ahli desain, ahli materi dan ahli pembelajaran adalah 93,75% menyatakan valid. Sedangkan persentase bagi responden (siswa) hasil mencapai 97%. Jadi, media pembelajaran ini dinyatakan layak dan tidak perlu direvisi. Media pembelajaran menggunakan media scrapbook ini berpengaruh meningkatkan hasil belajar siswa. Perbedaan hasil tes uji coba produk sebagai kelas eksperimen menunjukkan rata-rata 86,85% sedangkan kelas kontrol menunjukkan rata-rata 70,23% dari hasil uji-T didapatkan nilai thitung sebesar 8,22 dan ttabel sebesar 2,02. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan secara statistik rata-rata nilai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran scrapbook lebih tinggi dari kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran scrapbook.

ENGLISH:

The developing of scrapbook learning media is an alternative for supporting students learning. When the students find the difficulties in using the media and creating a concrete media for social education. Studens activeless and not enthusiastic in learning. That’s recilted students couldn’t understand the subject, so the value of students learning is less from KKM. Scrapbook are including book with stikers, illustrations suitable with students character, easy to understanded and good to learn, because scrapbook is unique and has an interesting package.

The purposes of this reaserch are: (1) Explaining the scrapbook design on the subtheme my nation’s culture varieties. (2) Explaining the feasibility of scrapbook on the subtheme. (3) Explaining the differences of students learning by using scrapbook for 4th grade of Al-Hidayah Elementary School

The method that used for this reaserch is Reaserech and Develoment (R&D) for creating learning media product called scrapbook. design which used in developing this scrapbook adopted on Borg and Gall. The validation of the properness of this have done by three experts,, they were expert designer, expert material and scientist. Trial by using questionnaire for 4th grade of Al-Hidayah Malang.

The result of this research created a product called as scrapbook with the subtheme I my nation’s culture varieties of 4th grade. The propernnes has proven by the rate of three experts that 93,75% has been valid. Whereas, the rate of students is 97% so, this learning media is proper and doesn’t need to be revised. Applying scrapbook could influenced the develoment of students learning. The defferences of trying this priduct as an experiment classroom showed that 86,85% while the control classroom showed 70,23% from the test-T got tcounting 8,22 and ttable 2,02. This is proved that there are differences from the statistic averege in applying scrapbook for the experiment classroom is higher than the control classroom which not apply this learning media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Walid, Muhammad
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDWalid, MuhammadUNSPECIFIED
Keywords: pengembangan; media scrapbook; pembelajaran IPS; hasil belajar; developing; scrapbook; scrapbook media; social education; learning result
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Haya'ul Fatachi
Date Deposited: 23 Mar 2020 13:05
Last Modified: 23 Mar 2020 13:05
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16659

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item