Lailiah, Sofroul (2019) Pengembangan media pembelajaran papan tali pada materi operasi hitung perkalian untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Hayatul Islamiyah Saptorenggo Pakis. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140149.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pengembangan media pembelajaran papan tali pada materi operasi hitung perkalian guna membantu guru dalam proses pembelajaran siswa sehingga materi pembelajaran yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan dapat membantu hasil belajar siswa dengan maksimal. Selaian itu pentingnya pengembangan media pembelajaran pada materi ini siswa sulit untuk memahami pelajaran karena media pendukung yang digunakan oleh guru kurang begitu variatif cenderung membuat siswa kurang bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan adalah papan tali pada konten Matematika materi operasi hitung perkalian kelas II SD/MI.
Tujuan peneliti mengembangkan media pembelajaran ini adalah: (1) Mendeskripsikan desain media papan tali yang dibuat oleh peneliti (2) Mendeskripsikan kelayakan media papan tali (3) Mengetahui hasil belajar siswa materi operasi hitung perkalian dengan menggunakan media papan tali.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan jenis penelitian pengembangan yang menggunkan model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10 langkah dalam prosedur rancangan dan pengembangannya. Dalam penelitian ini mengadopsi 5 langkah prosedur dari Borg and Gall. Diantaranya : (1) Penelitian dan pengumpulan data (2) Perencanaan (3) Pengembangan format produk awal (4) Uji lapangan dan revisi produk (5) revisi produk akhir. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada 3 ahli yaitu ahli desain media, ahli materi, dan ahli pembelajaran Matematika, sasaran uji coba produk adalah seluruh siswa kelas II A yang berjumlah 20 sebagai kelas eksperimen dan kelas II B yang berjumlah 22 sebagai kelas kontrol.
Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran papan tali pada materi operasi hitung perkalian kelas II memenuhi kriteria valid dengan hasil uji ahli desain media mencapai tingkat kevalidan 85%, ahli materi mencapai 100%, dan ahli pembelajaran mencapai 86,5%. Nilai rata-rata pretest kelas kontrol 61, dan posttestnya mencapai 85. Nilai rata-rata pretest kelas eksperimen mencapai 64,5 dan posttes mencapai 95. Pada uji-t diperoleh thitung sebesar 4,838 dan ttabel mencapai 2, 021. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa ha diterima karena, thitung lebih besar dari pada ttabel. Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari hasil belajarnya sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran media papan tali pada siswa kelas II A MI Hayatul Islamiyah Saptorenggo Pakis.
ENGLISH:
The development of string board learning media in multiplication count operation to help teachers in the students’ learning process, thus the accepted materials can be delivered better and can help the students maximally. Meanwhile, the importance of developing learning media in students is hard to understand because the teacher’s supproting media is less variant which makes the students less motivated in joining the learning. The learning media is used in the string board in the mathematic content themed multiplication count operation class II Elementary School/MI.
The purpose of the researcher developing this learning media is: (1) Describing media design string board made by the researcher, (2) Describing the credibility string board, (3) Knowing the students’ learning result multiplication count operation by using string board media.
The research method used in this research is Research and Development (R&D) with the kind of development research using development model Barg and Gall which has 10 steps in the designing procedure and its development. This research adopted 5 steps procedures from Barg and Gall, which are: (1) Research and data collection, (2) planning, (3) The development of first product, (4) Field test and product revision, (5) Last product revision. The subject of product valuing for worthiness learning media is limited to 3 masteries, which are media design mastery, materials mastery, and mathematic learning mastery class II, the targetted product trial is every students class II A consists of 20 as experimented class and class II B which consists of 22 as class control.
The research result of the development of string board learning media of materials of multiplication count operation class II fulfill the valid criteria with testing dsign mastery reached the validity level of 85%, materials mastery 100% and learning mastery reached 86,5%. The pretest average value class control 61, and its posttest reached 85. The average pretest experimented class reached 64.5 and postest reached 95. In t-test gotten tcount as high as 4.838 and ttable reached 2.021. The hyphotheses result show that ha is accepted because tcount is bigger than ttable thus it can be conculded that there is the improvement of of students’ learning result after and before using learning media in the string board for students class II A MI Hayatul Islamiyah Saptorenggo pakis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Zuhriyah, Indah Aminatuz | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | media pembelajaran papan tali; perbedaan hasil belajar; string board learning media; learning result difference | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Haya'ul Fatachi | ||||||
Date Deposited: | 23 Mar 2020 13:06 | ||||||
Last Modified: | 23 Mar 2020 13:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16655 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |