Responsive Banner

Implementasi kegiatan ekstrakurikuler drumband untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik dan kedisiplinan siswa SDN Bunulrejo 2 Kota Malang

Mauliddiyah, Thirza (2019) Implementasi kegiatan ekstrakurikuler drumband untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik dan kedisiplinan siswa SDN Bunulrejo 2 Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
15140146.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Kecerdasan kinestetik dan kedisiplinan anak atau siswa akan meningkat dan saling berinteraksi ketika metode yang digunakan sesuai. Kegiatan yang dapat menjadi wadah meningkatnya kecerdasan kinestetik yaitu kegiatan ekstrakuikuler yang ada pada sekolah, salah satunya yaitu kegiatan ekstrakurikuler drumband. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, penerapan serta evaluasi yang diimplementasikan oleh guru atau pelatih ekstrakurikuler drumband di SDN Bunulrejo 2 Malang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif berjenis deskriptif terhadap guru koordinator, pelatih serta anggota drumband. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan di SDN Bunulrejo 2 Malang dapat diambil kesimpulan bahwa peningkatan kecerdasan kinestetik dan kedisiplinan anak melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband “Bunjo Kadence” sudah “Berkembang Sangat Baik”.

Kesimpulan secara umum ekstrakurikuler drumband dengan metode yang tepat digunakan ketika latihan dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik dan kedisiplinan siswa. Pada hasil observasi terdapat 3 tahapan yakni tahapan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Dimana tahap perencanaan yang dilakukan oleh guru koordinator dan pelatih yaitu dengan menyusun beberapa program kerja diantaranya yakni program kerja mingguan, bulanan, tahunan bahkan program kerja insidental yakni program kerja yang tidak terencana dalam penyusunan program kerja. Kemudian tahapan yang kedua yakni penerapan dimana setiap penerapan dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik dan kedisiplinan siswa ada 3 langkah yakni pembukaan, inti dan penutupan. Terakhir yakni tahap evaluasi dimana evaluasi selalu dilakukan setiap minggu ketika selesai latihan, rapat bulan dan rapat tahunan. Guru dan pelatih serta wali murid siswa saling bekerjasama dalam kegiatan latihan ekstrakurikuler drumband untuk meningkatkan kecerdasan dan kinestetik siswa SDN Bunulrejo 2 Malang.

ENGLISH:

Students’ kinaesthetic intelligence and discipline will improve and interact to environment when the method used is suitable. There are programs which can improve kinaesthetic intelligence is extracurricular program in a school, one of the extracurricular programs are marching band. This research aims to know how the plan, implementation, and evaluation which are implemented by the teacher or coach of marching band extracurricular in Bunulrejo State Elementary School 2, Malang.

This research is descriptive qualitative. Then, the subject of this research is coordinator teacher, coach, and members of marching band. Data collection techniques are observation, interview, and documentation. The data analysis techniques are redacting data, displaying data, and drawing conclusion.

The results of the research which is carried out by the researcher in Bunulrejo State Elementary School 2, Malang, can conclude the improvement of students’ kinaesthetic intelligence and discipline through marching band extracurricular program of “Bunjo Kadence” have developed well.

The general conclusion is the suitable method used when training, can improve students’ kinaesthetic intelligence and discipline. Based on the result of observation, there are free steps in implementing the program. The steps are plan, implementation, and evaluation. The planning step is carried out by the coordinator teacher and the coach. They design work program; weekly, monthly, annual work program, and incidental program, unplanned program. The second step is implementation. There are three steps in developing kinaesthetic intelligence and discipline. The steps are opening, main training, and closing. The third step is evaluation. Evaluation is carried out weekly after the program, monthly meeting, and annual meeting. The teacher, the coach, and parents well cooperate in holding the training of marching band to improve Students’ kinaesthetic intelligence and discipline in Bunulrejo State Elementary School 2, Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Maimunah, Siti Annijat
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMaimunah, Siti AnnijatUNSPECIFIED
Keywords: ekstrakurikuler drumband; kecerdasan kinestetik; kedisiplinan; marching band extracurricular; kinaesthetic intelligence; discipline
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Haya'ul Fatachi
Date Deposited: 23 Mar 2020 13:07
Last Modified: 23 Mar 2020 13:07
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16654

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item