Larasati, Rosalinda Audina (2019) Pengembangan media pembelajaran domino aksara jawa (Dorawa) untuk meningkatkan daya ingat siswa kelas IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140144.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Aksara Jawa merupakan kajian dalam mata pelajaran bahasa Jawa dimana termasuk dalam muatan lokal yang disesuaikan dengan ciri khas suatu daerah sehingga harus dipelajari. Pada materi aksara Jawa kelas IV semester 2, siswa dituntut untuk memahami aksara Jawa dan sandhangan. Dengan adanya pengembangan media pembelajaran Domino Aksara Jawa (Dorawa), diharapkan membantu siswa dalam meingkatkan daya ingat dan memahami materi aksara Jawa dengan mudah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menjelaskan desain produk pengembangan media pembelajaran Domino Aksara Jawa (Dorawa) pada materi aksara Jawa kelas IV SD Brawijaya Smart School Malang; 2) mengetahui akseptabilitas media pembelajaran Domino Aksara Jawa (Dorawa) pada materi aksara Jawa kelas IV SD Brawijaya Smart School Malang; 3) mendeskripsikan efektifitas media pembelajaran Domino Aksara Jawa (Dorawa) pada materi aksara Jawa kelas IV SD Brawijaya Smart School Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan pengembangan Borg & Gall. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini berupa observasi, angket, dan tes. Data dianalisis melalui cara analisis tingkat kevalidan produk dan analisis uji coba menggunakan uji-t.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan produk yang dihasilkan adalah media Domino Aksara Jawa (Dorawa) materi Aksara Jawa; 2) Media Domino Aksara Jawa (Dorawa) memenuhi tingkat kriteria layak dari hasil validasi ahli isi materi sebesar 87,5%, ahli desain 83% dan praktisi 91% serta respon siswa dari uji coba kelompok kecil sebesar 92,5% dan uji coba kelompok besar sebesar 93%; 3) Perbedaan hasil tes untuk mengetahui tingkat daya ingat diperoleh dari kelas IV A sebagai kelas eksperimen menunjukkan rata-rata 72, sedangkan dari kelas IV B sebagai kelas kontrol menunjukkan rata-rata 59 dengan diketahui p-value sebesar 0,001. Dari hasil uji statistik menggunakan uji-t pada SPSS didapatkan nilai thitung 3,592>ttabel sebesar 1,679. Hal ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil yang signifikan, sehingga media Domino Aksara Jawa (Dorawa) mampu meningkatkan daya ingat siswa kelas IV SD Brawijaya Smart School Malang.
ENGLISH:
Javanese Letter is a study in Javanese language subject included in optional courses that is adjusted to the characteristics of an area in which it must be studied. In the Javanese letter material in grade IV of semester 2, students are required to understand Javanese letter and sandhangan. With the development of the learning media of Domino Aksara Jawa (Dorawa), it is hoped that it will help students improve their memory and understanding in Javanese letter material easily.
The objectives of this study are to: 1) explain the design of the development of learning media of Domino Aksara Jawa (Dorawa) of grade IV at Brawijaya Smart Elementary School Malang; 2) determine the acceptability of learning media of Domino Aksara Jawa (Dorawa) of grade IV at Brawijaya Smart Elementary School Malang; 3) describe the effectiveness of learning media of Domino Aksara Jawa (Dorawa) of grade IV at Brawijaya Smart Elementary School Malang.
To achieve the objectives mentioned above, the type of research used is Research and Development (R&D) research with the development of Borg & Gall. Data collection techniques in this study are questionnaires, observations, and test. The data were analyzed through product validity level analysis and trial analysis using t-test.
The results of this research and development show that: 1) The product development produced is the Domino Aksara Jawa (Dorawa) media of Javanese Letter material; 2) Domino Aksara Jawa (Dorawa) media meets the level of eligibility criteria from the validation results, which is from material content experts of 87.5%, design experts of 83% and practitioners of 91%; 3) The difference in test results to determine the level of memory obtained from class IV A as an experiment class shows an average of 72, while from class IV B as a control class shows an average of 59 with a knownp-value of 0.001 . Based on the results of statistical tests using the t-test on SPSS, it was obtained the tcount value of 3.592 and ttable of 1.679. This proves that there are significant differences in results, so that the Domino Aksara Jawa (Dorawa) media can improve the memory of grade IV students of Brawijaya Smart Elementary School Malang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahyuni, Esa Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | media domino aksara jawa (Dorawa); aksara jawa; javanese jetter | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Haya'ul Fatachi | ||||||
Date Deposited: | 23 Mar 2020 13:10 | ||||||
Last Modified: | 23 Mar 2020 13:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16650 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |