Afrida, Putri Nur (2019) Implementasi algoritma Fuzzy Sugeno pada Game Colouration. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
13650126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Setiap orang pasti memiliki beban dalam hidupnya masing-masing, baik dalam hal pekerjaan, studi maupun dalam kehidupan sehari-harinya. Tidak jarang beban dan perasaan tertekan yang ditanggungnya justru berpotensi membuat seseorang merasa stres. Stres merupakan suatu respons yang membuat kita lebih baik. Ketika dihadapkan dengan suatu masalah, stres akan membuat kita lebih berpikir dan berusaha keluar dari masalah tersebut. Itulah yang dinamakan mekanisme adaptasi diri terhadap stres. Namun pada umumnya tiap individu memberikan respon yang berbeda-beda ketika dilanda stres, perbedaan ini akan menghasilkan cara adaptasi yang berbeda tiap individu terhadap stres. Biasanya yang dilakukan orang-orang untuk mengurangi resiko stres adalah mencari hiburan, apapun bentuknya. Dan salah satu bentuk hiburan yang biasa dilakukan adalah dengan bermain game. Cara ini memang cukup efektif untuk menekan stres saat dilanda kepenatan disela-sela kerja maupun kejenuhan serta rasa bosan akan rutinitas yang dilakukan secara terus menerus.
Permainan kasual mencocokan item-item berwarna senada bisa menjadi salah satu alternatif untuk memecah kejenuhan dan kebosanan. Permainan Colouration dirancang untuk menjadi sebuah permainan edukatif menarik yang bertema tentang pembagian warna menurut teori Brewster. Pada permainan Colouration ini, implementasi kecerdasan buatan diterapkan pada penentuan tingkat permainan dengan memanfaatkan algoritma Fuzzy Sugeno. Penggunaan Fuzzy Sugeno ini dapat menentukan tingkat permainan yang sesuai dengan nilai variabel input pemain dalam menyelesaikan setiap misi permainan. Dari hasil percobaan yang dilakukan menunjukan akurasi metode Fuzzy Sugeno dalam menentukan tingkat permainan adalah 100% dengan prosentase level mudah 38%, level normal 34%, dan level sulit 28%. Hasil tersebut membuktikan bahwa metode ini baik dan tepat digunakan untuk penentuan tingkat permainan.
ENGLISH:
Everyone must have a burden in their lives, both in terms of work, study or their daily lives. Commonly, the burden and pressure they got, has the potential to make someone feel stressed. Stress is a response that makes us better. When we faced a problem, stress will make us think and try to get out of the problem. That is called the mechanism of self-adaptation towards stress. But generally, each individual responds differently when they got stressed, this differences will result in different ways of adaptation for each individual. Usually what people do to reduce the risk of their stress is finding entertainment, whatever it is form. And the kind of entertainment that is usually people do is playing games. This method is quite effective to reduce stress at work or their routine which is done continuously.
Casual games such as matching colored items can be an alternative to break fatigued and bored. The Colouration game is designed to be an interesting educational game about the division of colors according to Brewster’s theory. In this Colouration game, the implementation of artificial intelligence is applied to determine of the level of play that matches the value of the player input variable in completing aech game mission. From the results of experiments conducted, shows that the accuracy of Fuzzy Sugeno method in determining the level of play is 100% with the percentage of easy level 38%, normal level 34%, and difficult level 28%. These result prove that this method is good and appropriate for determining the level of play.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Arif, Yunifa Miftachul and Nugroho, Fresy | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | permainan; edukatif; tingkat permainan; warna; game; education; levelling; colour; fuzzy sugeno | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Anisa Putri | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2020 10:14 | |||||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 09:28 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16601 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |