Amin, Makrus (2019) Efektifitas penggunaan metode market place activity pada mata pelajaran SKI materi dakwah Nabi Muhammad SAW periode Makkah di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110244.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Metode adalah sebuah cara untuk mencapai tujuan, sedangkan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa sehingga tingkah laku peserta didik berubah ke arah yang lebih baik. Metode pembelajaran bukanlah sebuah tujuan akan tetapi jalan atau kendaraan yang yang dilalui untuk mencapai sebuah tujuan sesuai yang telah direncanakan. Tidak ada metode pembelajaran yang paling baik atau buruk, tetapi metode yang baik dan buruk tersebut bagaimana kecakapan seorang guru dalam memilih dan menggunakan metode tersebut dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan menggunakan metode adalah untuk menumbuhkan minat belajar siswa, mengembangkan kreativitas, dan mengefektifkan kegiatan pembelajaran. Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah menggunakan metode pembelajaran Market Place Activity yang merupakan metode pembelajaran kooperatif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil posttest dalam penggunaan metode pembelajaran Market Place Activity dengan metode pembelajaran konvensional. Dan mengetahui efektifitas penggunaan metode pembelajaran Market Place Activity pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X di MAN Kota Batu.
Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, test (Pretest dan Posttest), dan dokumentasi. Sampel penelitian menggunakan kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah 25 siswa.
Adapun hasil penelitian ini melalui dua pengujian yaitu uji paired sample t test bahwa nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Artinya terdapat peningkatkan hasil belajar siswa yang signifikan pada kelas eksperimen. Dan uji independent sample t test memperoleh nilai signifikansi sebesar 0,605 > 0,05. Karena nilai perbandingan kedua metode tersebut berselisih sangat kecil yaitu 1,8 dari hasil nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 78,08 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 76,32. Maka disimpulkan metode pembelajaran Market Place Activity kurang efektif.
ENGLISH:
Method is a way to reach a goal. Besides, learning is a certain activity which is carried out by a teacher to change the attitude of the students to make them better. Learning method is not a goal. Yet, it is a way that is done to realize a goal that was planned. There is no best and worst learning method. However, it depends on the teachers who choose and use the learning method. The aims of using method are to grow the students’ interest in learning, to grow the creativities, and to make the effective activity. One of the ways to realize the aim is using marketplace activity learning method which is a cooperative learning method.
This research is aims to know the comparison of the use of marketplace activity and conventional learning method viewed from the result of post-test. Then, to know the effectiveness of the use of marketplace activity learning method on the subject of history of Islam for 4th grade in State Islamic Senior High School, Batu city.
This research design uses the quantitative approach. The data collection in this research is observation, test (Pre-test dan Post-test), and documentation. The sample of this research is 4th grade of MIPA 1 as the experimental class and 5th grade of MIPA 3 as a control class. Each class has 25 students.
The result of the research is viewed from paired sample of t test. It shows that the significance value is 0,000 < 0,05. It means that there is the improvement of the result of the study in the experimental class. Then, independent sample of t test has the significance of 0,605 > 0,05. Because of the comparison is very small, 1,8, the result of post-test in experimental class is 78,08 and the average of control class is 76,32. It is concluded that marketplace activity learning method is effective.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Fattah, Abdul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | metode pembelajaran market place activity; efektifitas; learning method; effectiveness | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zaza | ||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2020 14:59 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2020 14:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16558 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |