Andriyani, Fitri (2019) Analisis nilai-nilai pendidikan agama Islam (akhlak) dalam novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia dan relevansinya dengan materi pendidikan agama Islam dan budi pekerti tingkat SMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110227.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan agama Islam memiliki peran yang penting dalam pembentukan akhlak. Sebagaimana pendidikan agama Islam dibentuk dari nilai-nilai agama Islam berdasarkan nilai-nilai dasar agama Islam. Pendidikan agama Islam dipercaya sebagai tempat terbaik dalam mempersiapkan generasi penerus agama dan Negara. Pendidikan agama Islam tidak hanya sekadar mentransfer ilmu pengetahuan saja, namun lebih dari itu, ia adalah tempat untuk membentuk karakter , tingkah laku, kepribadian, dan moral. Saat ini kegiatan pendidikan tidak hanya sebatas pada penggunaan buku pelajaran sebagai sumber pendidikan. Guru dapat menggunakan bahan bacaan lain yang mengandung muatan positif.
Fokus dari penelitian ini adalah mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan Islam (akhlak) dalam novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia berikut relevansinya terhadap materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat SMA.
Untuk mencapai tujuan di atas, peneliti melakukan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian (library research). Dalam penelitian ini menggunakan analisis data. Analisis data dilakukan dengan menganalisis data tentang nilai-nilai pendidikan Islam (akhlak) dalam novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia dan relevansinya dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat SMA.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) nilai-nilai pendidikan agama Islam (Akhlak) dalam novel Bidadari untuk Dewa karya Asma Nadia terdiri dari: taubat, amar makruf nahi munkar, syukur, ikhtiar, taawun, tawakal, sabar, qanaah, husnuzan, ikhlas, berbakti kepada orang tua, dan ukhuwah Islamiah, (2) nilai-nilai pendidikan Islam (akhlak) dalam novel Bidadari untuk Dewa Karya Asma Nadia relevan dengan materi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti tingkat SMA. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka guru Pendidikan Agama Islam dapat menggunakan novel Bidadari untuk Dewa sebagai literasi tambahan dalam pembelajaran. Khususnya pada subbab “Pesan-pesan Mulia”.
ENGLISH:
Islamic education has an important role to build character. Islamic education built on Islamic values accords with the principles of Islamic ideology. Islamic education is considered to be the best place to prepare the agent of change of religion and nation. Islamic education is no longer a place to transfer knowledge only, but also a place to build character, attitude, behavior, and moral. Nowadays, study not only use guide book. Teacher can use another literature beside that has positive content.
This study aims at identifying Islamic values (character) of novel Bidadari untuk Dewa by Asma Nadia and it’s relevant with Islamic Education and Character (PAI dan Budi Pekerti) guide book for Senior High School.
To reach those aims, the research used a qualitative descriptive design or also known by library research. This research used analysis content method. The descriptive analytical research by analysis Islamic education values (character) of novel Bidadari untuk Dewa by Asma Nadia and it’s relevant with Islamic Education and Character (PAI dan Budi Pekerti) guide book for Senior High School.
The results showed that: (1) the Islamic education values (character) of novel Bidadari untuk Dewa by Asma Nadia are: repentace (taubat), amar makruf nahi munkar, grateful, ikhtiar, taawun, tawakal, patient, qanaah, husnuzan, rida, devotion to parents, and ukhuwah Islamiah, (2) the Islamic values (character) of novel Bidadari untuk Dewa by Asma Nadia relevant with Islamic Education and Character (PAI dan Budi Pekerti) guide book for Senior High School. So, Islamic education teacher can use novel Bidadari untuk Dewa by Asma Nadia as an additional literature for Islamic Education study. Especially for “Pesan-pesan Mulia” section.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Smeer, Zeid B | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | nilai-nilai pendidikan islam; bidadari untuk dewa; islamic education values | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zaza | ||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2020 13:28 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2020 13:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16556 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |