Sa’diyah, Luthfiyatus (2019) Implementasi metode Ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Tanwirul Ma’arif Takerharjo Solokuro Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110218.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan Agama Islam tentunya tidak dapat lepas dari Al-Qur’an. Karena semua komponen/mata pelajaran dari Pendidikan Agama Islam berhubungan dengan Al-Qur’an. Seseorang yang mempelajari Pendidikan Agama Islam tentunya harus bisa membaca dan menulis Al-Qur’an dengan benar. Maka dari itu, di samping seseorang mempelajari Pendidikan Agama Islam, tentunya juga belajar bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan benar sampai ia mempunyai keterampilan membaca Al-Qur’an yang bagus. Dalam membaca Al-Qur’an pun terdapat banyak metode. Di antara metode membaca Al-Qur’an tersebut yaitu metode Ummi. Metode Ummi merupakan metode yang mengenalkan cara membaca Al-Qur’an dengan tartil.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui perencanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di TPQ Tanwirul Ma’arif Takerharjo Solokuro Lamongan, (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di TPQ Tanwirul Ma’arif Takerharjo Solokuro Lamongan, (3) mengetahui hasil pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di TPQ Tanwirul Ma’arif Takerharjo Solokuro Lamongan.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi di TPQ Tanwirul Ma’arif Takerharjo Solokuro Lamongan yaitu placement test, membuat jadwal kegiatan belajar mengajar, membuat kalender pendidikan, membuat target pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi, membuat pembagian tugas ustadzah, membuat program semester, serta membuat jurnal harian. (2) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi, dan penutup. (3) hasil pembelajaran Al-Qur’an menggunakan metode Ummi sangat bagus dan mengalami peningkatan.
ENGLISH:
Islamic education certainly cannot be separated from the Qur'an. Because all of components/subjects of Islamic Education is related to the Qur'an. A person who learns Islamic education should certainly be able to read and write the Qur'an correctly. Therefore, in addition to someone studying Islamic education, of course also learn how to read the Qur'an correctly until he/she has a good reading skill of the Qur'an. There are many methods in reading the Qur'an. One of those methods is the Ummi method. The Ummi method is a method that introduces how to read the Qur'an with Tartil.
The objective of this research is: (1) to know the Qur’an learning plan using Ummi method at TPQ Tanwirul Ma'arif Takerharjo Solokuro Lamongan, (2) to know the implementation of the Qur’an learning using Ummi method at TPQ Tanwirul Ma'arif Takerharjo Solokuro Lamongan, (3) to know the results of the Qur’an learning using Ummi method in TPQ Tanwirul Ma'arif Takerharjo Solokuro Lamongan.
To achieve the objectives, used a qualitative approach with descriptive research. The data collection techniques used are observation, interviews, and documentation.
The results showed that, (1) the Qur’an learning plan using Ummi method in TPQ Tanwirul ma'arif Takerharjo Solokuro Lamongan is the placement test, making schedule of teaching and learning activities, making educational calendar, making Target of the Qur’an learning using Ummi method, making Ustadzah’s division of tasks, making semester programs, and making daily journals. (2) The implementation of the Qur'an learning using the Ummi method is opening, apperception, planting of concepts, understanding of concepts, exercises/skills, evaluation, and closing. (3) The result of the Qur’an learning using Ummi method is very good and improved.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masruri, M. Hadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | implementasi; pembelajaran Al-Qur’an; metode Ummi; the implementation; the Qur’an learning; Ummi method | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zaza | ||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2020 14:16 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2020 14:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16551 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |