Asnawati, Diana (2019) Pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) Sekolah Dasar Muhammadiyah 4 Kota Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15140116.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Prestasi merupakan hasil yang dicapai seseorang ketika mengerjakan tugas atau kegiatan tertentu.Prestasi belajar setiap siswa berbeda-beda, banyak hal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar diantaranya faktor lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah yang baik akan menumbuhkan semangat belajar yang maksimal.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk: (1) Menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Muhammadiyah 4 Batu, (2) Menjelaskan pengaruh lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Muhammadiyah 4 Batu, (3) Menjelaskan pengaruh lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Muhammadiyah 4 Batu.
Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian kuantitatif deskriptifyaitu penelitian yang dimaksud untuk menyelidiki keadaan, kondisi atau hal lain-lain yang sudah disebutkan yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian.Instrument yang digunaka yaitu berupa kuisioner/angket yang ditujukan pada anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk mengetahui vriabel lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah.Instrumen yang digunakan adalah dokumen berupa nilai harian anak berkebutuhan khusus (ABK) untuk mengetahui prestasi belajar anak berkebutuhan khusus (ABK).Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t dan uji f.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, (1) lingkungan keluarga berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap prestasi belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Muhammadiyah 4 Batu yang ditunjukan dengan thitung = -0,339 < ttabel= 2,160. (2) lingkungan sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Muhammadiyah 4 Batu yang ditunjukan dengan thitung = 2,980 dan ttabel= 2,160. (3) lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar anak berkebutuhan khusus (ABK) di SD Muhammadiyah 4 Batu dengan Fhitung6,069 > Ftabel 3,81. Adapun R square 0,483 atau sama dengan 48,3 %
ENGLISH:
An achievement is a result which is achieved by man when he does tasks or certain activities. The achievement of every child is different. Many factors influence the study achievement. The factors are family and school environment. The good family and school environment will foster the student spirit to study.
The aims of this research are: (1) to explain the influence of family environment toward family environment the study achievement of children with special needs (CSN) in Muhammadiyah Elementary School 4 Batu City, (2) to explain the influence of school environment toward the study achievement of children with special needs (CSN) in Muhammadiyah Elementary School 4 Batu City, (3) to explain the influence of family and school environment toward the study achievement of children with special needs (CSN) in Muhammadiyah Elementary School 4 Batu City.
To achieve the aims above, the researcher uses quantitative approach. However the kind of this research is explanatory research, a research which aims to test a theory or hypothesis. The instrument used by the researcher is questionnaire which is answered by children with special needs (CSN) to know the variable of family and school environment. The instrument which is used by the researcher is document. The document is about the mark of children with special needs (CSN).The analysis method which is used is t test and f test.
The results of this research show that: (1) the family environment influences negative impacts toward the study achievement of children with special needs (CSN) in Muhammadiyah Elementary School 4 Batu City, which is shown by tcount= -0,339 < ttable= 2,160. (2) the school environment influences positive effects toward the study achievement of children with special needs (CSN) in Muhammadiyah Elementary School 4 Batu City, which is shown bytcount= 2,980 and ttable= 2,160. (3) family and school environment toward the study achievement of children with special needs (CSN) in Muhammadiyah Elementary School 4 Batu City influence the positive effect the study achievement of children with special needs (CSN) in Muhammadiyah Elementary School 4 Batu City with Fcount 6,069 >Ftable 3,81. However, R square is 0,483 or same as 48,3 %
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sholeh, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | lingkungan keluarga; lingkungan sekolah; prestasi belajar; family environment; school environment; study achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||
Depositing User: | Haya'ul Fatachi | ||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2020 12:05 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2023 09:34 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16539 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |