Ilhami, Imaniah Puji (2019) Pengaruh penjualan terhadap laba bersih dengan leverage sebagai variabel moderasi: Studi pada sub sektor makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia dan Bursa Malaysia periode 2016-2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15510010.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pada masa modern ini perusahaan-perusahaan bersaing secara ketat, salah satu upaya dalam menghadapi persaingan adalah dengan meningkatkan penjualan supaya mendapatkan laba yang tinggi. Kesejahteaan anggota perusahaan sangat bergantung pada perolehan laba, prosentase kenaikan laba yang diperoleh perusahaan disebut pertumbuhan laba. kenaikan laba yang baik mendandakan bahwa perusahaan mempunyai keuangan yang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penjualan terhadap laba bersih dan mengetahui pengaruh leverage terhadap laba bersih dan mengetahui leverage dalam memoderasi hubungan antara penjualan terhadap laba bersih.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa efek Indonesia dan Busa Malaysia periode 2016-2018, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Puposive Sampling. Sampel penelitian ini berjumlah 12 perusahaan makanan dan minuman di Bursa Efek Indonesia dan 12 perusahaan makanan dan minuman di Bursa Malaysia. Variabel independen adalah penjualan (X), variabel dependen penelitian ini adalah laba bersih (Y), dan variabel moderasinya adalah Leverage (M). Teknis analisis data menggunakan analisis PLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap laba bersih, (2) leverage tidak berpengaruh terhadap laba bersih, (3) leverage tidak memperkuat atau memperlemah pengaruh antara pertumbuhan penjualan terhadap laba bersih di Indonesia dan Malaysia periode 2016-2018.
ENGLISH:
In this modern era, companies compete fiercely, one of the challenges in competition is to increase sales in order to get high profits. The welfare of a member of the company is very dependent on profits, the percentage increase in profits obtained by the company is called profit. A good profit profit indicates that the company has good finance. The purpose of this study was to determine the effect of sales on net income and determine the effect of leverage on net income and find out leverage in moderating the relationship between sales and net income.
The population in this study are food and beverage companies listed on the Indonesia and Malaysian Foam exchanges for the period of 2016-2018, the sampling technique uses the Purposive Sampling technique. The sample of this study tested 12 food and beverage companies on the Indonesia Stock Exchange and 12 food and beverage companies on the Bursa Malaysia. The independent variable is sales (X), the dependent variable of this study is net income (Y), and the moderating variable is Leverage (M). Technical analysis of data using PLS analysis.
The results showed that sales had a positive and significant effect on net income, and leverage had no effect on net income, and leverage did not increase or weaken the effect of sales growth on net income in Indonesia and Malaysia for the 2016-2018 period.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yuliana, Indah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | laba; penjualan; leverage; profit; sales | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Zaza | ||||||
Date Deposited: | 23 Mar 2020 15:49 | ||||||
Last Modified: | 23 Mar 2020 15:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16385 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |