Ahmad, Imam (2019) Implementasi metode Fuzzy Sugeno untuk mensimulasi perilaku NPC. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulletxt)
12650069.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Saat ini, pada umumnya game mempunyai entitas yang disebut Non Playable Character (NPC). NPC merupakan entitas yang dikontrol oleh komputer. Dalam sebuah game, NPC mempunyai perilaku tertentu yang dapat dibentuk dengan algoritma Artifical Intelligent (AI). Pada penelitian ini, perilaku NPC dibentuk menggunakan metode Fuzzy Sugeno. Penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Sugeno karena selain outputnya berbentuk konstanta atau persamaan linear, Fuzzy Sugeno juga dapat berintegrasi dengan Neural Network, Algoritma Genetika, dan teknik optimasi lainnya. Perancangan Fuzzy Sugeno terdiri dari 3 input dan 1 output yang mewakili perilaku NPC. Input Fuzzy Sugeno yaitu health_npc (kesehatan dari NPC), distance (jarak) dan health_player (kesehatan dari player) yang menghasilkan output perilaku NPC terhadap player yaitu menyerang, patroli dan kabur.
Pengujian penelitian ini menggunakan MATLAB dengan data yang diuji sebanyak 30 kali. Hasil yang didapatkan adalah bahwa pengujian dari MATLAB dengan percobaan matematis memperolah hasil yang sama. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi Fuzzy Sugeno untuk mensimulasi perilaku NPC dapat dilakukan dengan MATLAB.
ENGLISH:
Nowadays, in general, video games have entity called Non Playable Character (NPC). NPCs are entity that controlled by computer. In the game, NPCs have a certain behavior that can be formed with Artifficial Intelligent (AI) algorithm. In this study, NPCs behavior are created using Fuzzy Sugeno method. In this study, Fuzzy Sugeno is used because in addition to its output in the form linear or constanta, Fuzzy Sugeno also can integrate with neural network, genetics algorithm and other optimization technique. The design of Fuzzy Sugeno consist of 3 input and 1 output that represent the behavior of NPC. Sugeno Fuzzy Inputs are health_npc (health of the NPC), distance (distance) and health_player (health of the player) which results in the output of NPC behavior towards the player which is attacking, patrolling and running away.
The testing of this study uses MATLAB with the 30 times data tested. The results obtained are testing from MATLAB and mathematical calculation obtained are showing the same results. So it can be concluded that the Fuzzy Sugeno implementation to simulate NPC behavior can be done with MATLAB.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nurhayati, Hani and Arif, Yunifa Miftachul | |||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Keywords: | perilaku npc; simulasi; fuzzy sugeno; npc behavior; simulation | |||||||||
Departement: | Fakultas Sains dan Teknologi > Jurusan Teknik Informatika | |||||||||
Depositing User: | Anisa Putri | |||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2020 09:48 | |||||||||
Last Modified: | 30 Mar 2020 09:48 | |||||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16383 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |