Aminatuzzuhriyah, Aminatuzzuhriyah (2019) Pengaruh profitabilitas dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan agresivitas pajak sebagai variabel moderasi pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
14520086.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Nilai perusahaan merupakan salah satu tolak ukur dalam menilai fungsi-fungsi manajemen. Jika saham suatu perusahaan tinggi maka semakin tinggi pula tingkat penerimaan para pemilik perusahaan. Penggunaan nilai perusahaan ini mengikuti kebijakan yang tersedia dan dapat dilakukan oleh perusahaan. Profitabilitas dapat dijadikan sebagai salah satu aspek penilaian investor yang berkaitan dengan pencapaian laba dalam mengukur kinerja perusahaan. Selain itu faktor lain yang juga menjadi perhatian adalah agresivitas pajak dan tanggung jawab sosial yang perusahaan lakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas dan pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan dan mengetahui apakah agresivitas pajak dapat dijadikan sebagai variabel moderasi pada hubungan profitabilitas dan pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang termasuk dalam Bursa Efek Indonesia tahun 2014-2017. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik purposive sampling, yang berjumlah 16 perusahaan. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, dan analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda dan Moderate Regression Analysis (MRA) dengan bantuan software SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sebaliknya Corporate Social Responsibility berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sementara agresivitas pajak secara signifikan mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dan dana Corporate Social Responsibility terhadap nilai perusahaan.
ENGLISH:
Company value is one of the benchmarks in assessing management functions. If the shares of a company are high, the higher level of acceptance of the owners by the company. The use of company values follows policies that are available and can be carried out by the company. Profitability can be used as one aspect of investor valuation relating to profit achievement in measuring company performance. Besides that, another factor that is also a concern is the tax aggressiveness and social responsibility that the company does. This study aims to determine the effect of profitability and disclosure of Corporate Social Responsibility on firm value and find out whether tax aggressiveness can be used as a moderating variable on the relationship of profitability and disclosure of Corporate Social Responsibility to the value of the company.
The population in this study were companies included in the Mining Sub Sector in the Indonesia Stock Exchange in 2014-2017. The sample in this study was taken by purposive sampling technique, which amounted to 16 companies. Data analysis method used is descriptive analysis, and data analysis used is multiple linear regression analysis and Moderate Regression Analysis (MRA) with the help of SPSS 16 software.
The results of the study show that profitability has a positive and significant effect on company value. On the contrary, Corporate Social Responsibility has a positive on the value of the company. While the tax aggressiveness is significantly able to moderate the relationship between profitability and Corporate Social Responsibility funds to the value of the company.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Lestari, Yona Octiani | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | nilai perusahaan; profitabilitas; corporate social responsibility; agresivitas pajak;company’s value, profitability; corporate social responsibility; tax aggressivity | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Akuntansi | ||||||
Depositing User: | Kholil Rohman | ||||||
Date Deposited: | 23 Mar 2020 15:18 | ||||||
Last Modified: | 23 Mar 2020 15:18 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16343 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |