Nursyadi, Aswien Adi (2019) Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran PAI dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTS Almaarif 01 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
14110223.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang mengembangkan nilai-nilai karakter bangsa pada diri peserta didik, sehingga peserta didik dapat memaknai karakter bangsa sebagai karakter dirinya sendiri dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka pendidikan karakter harus dilaksanakan dengan perencanaan yang matang, pendekatan yang tepat, dan dengan metode serta pembelajaran yang aktif.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam menerapkan pendidikan karakter dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTs Almaarif 01 Singosari Malang, (2) mengetahui implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTs Almaarif 01 Singosari Malang, (3) mengetahui hambatan yang dihadapi dan solusinya dalam meningkatkan kedisiplinan shalat berjamaah siswa di MTs Almaarif 01 Singosari Malang.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan objek program pembiasaan di madrasah. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun keabsahan data digunakan teknik triangulasi data metode. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data ,reduksi data, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, upaya pembentukan karakter siswa dengan program pembiasaan seperti; budaya 6S (senyum, salam, sapa, salaman, sopan dan santun) dan SKU (syarat kecakapan ubudiyah), guru memberikan contoh keteladanan secara langsung kepada siswa, guru menegakkan kedisiplinan dan sanksi bagi siswa yang melanggar, guru menciptakan suasana yang kondusif dan nyaman di kelas dan guru menginternalisasikan nilai-nilai karakter di madrasah dan diintegrasikan berbagai mata pelajaran yang mengacu pada materi pendidikan agama Islam. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan adalah religius, kebersihan dan kerapian, kejujuran, kedisiplinan, tanggung jawab, rasa ingin tahu dan bersahabat komunikatif. Adapun hambatan dan solusinya, siswa kurang disiplin dalam shalat berjamaah (belum isiqomah), solusinya memberikan keteladanan yang baik bagi siswa dan motivasi serta mengukur pembiasaan kedisiplinan siswa melalui buku saku (buku penghubung).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Prabowo, Sugeng Listyo | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan karakter; pembelajaran pendidikan agama islam; kedisiplinan shalat berjamaah | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Rizal Anshori | ||||||
Date Deposited: | 10 Apr 2020 20:48 | ||||||
Last Modified: | 12 Apr 2020 15:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16341 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |