Wardani, Rizqi (2019) Analisis target costing dalam upaya peningkatan laba perusahaan: Studi pada Shafira Cake and Bakery. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15520011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Target costing adalah strategi pengelolaan biaya perencanaan untuk mengurangi biaya. Metode ini dilakukan dengan cara melakukan value enggenering atau penghapusan biaya yang kurang efisien. Penelitian ini bertujuan untuk pengelolaan biaya dan peningkatan laba yang ditargetkan perusahaan, sehingga dapat membantu perusahaan dalam perencanaan untuk meningkatkan laba.
Jenis penelitian adalah kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Objek penelitian adalah Shafira Cake and Bakery. Teknik analisis data yang dilakukan adalah dengan cara menganalisis proses produksi, menganalisis harga produk dengan pesaing dan mengimplementasi metode target costing.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa usaha Shafira Cake and Bakery dapat meningkatkan laba dengan menerapkan metode target costing. Penerapan target costing dilakukan dengan melalui proses rekayasa nilai (value engineering) yang terdiri dari tahapan pembelian telur di satu supplier dan membeli di supplier lain, pembelian kuantitas tepung dan gula yang lebih murah, mengurangi biaya kemasan dan biaya gaji tenaga kerja langsung. Melalui proses tersebut, perusahaan penghematan biaya sebesar Rp.3.359.000 yang sebelumnya sebesar Rp.3.527.500 untuk produksi roti loaf dan lainya setiap hari. Dengan penghematan tersebut , perusahaan mampu untuk mencapai laba penjualan yang diinginkan sebesar 31%, dari sebelumnya yang hanya mampu mendapatkan laba penjualan sebesar 29%.
ENGLISH:
Target costing is a planning cost management strategy to reduce costs. This method is done by doing value enggenering or eliminating inefficient costs. This study aims to manage costs and increase profits targeted by the company, so that it can help companies in planning to increase profits.
This type of research is qualitative using descriptive analysis. The object of research is Shafira Cake and Bakery. The data analysis technique used is to analyze the production process, analyze product prices with competitors and implement the target costing method.
The results of the study show that Shafira Cake and Bakery business can increase profits by applying the target costing method. The application of target costing is done through a value engineering process, namely by reducing egg purchases at one supplier and buying at another supplier, purchasing cheaper quantities of flour and sugar, reducing packaging costs and direct labor salary costs. Through this process, the company saved Rp.3,359,000 which previously amounted to Rp.3,527,500 for loaf bread production and others every day. With these savings, the company is able to achieve the desired sales profit of 31%, from previously only able to get a sales profit of 29%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Meldona, Meldona | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | target costing; value engineering; target laba; profit target | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Akuntansi | ||||||
Depositing User: | Haya'ul Fatachi | ||||||
Date Deposited: | 20 Mar 2020 12:00 | ||||||
Last Modified: | 20 Mar 2020 12:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16319 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |