Diyah, Faiqoh Hami (2019) Konsep nilai-nilai pendidikan akhlaq dalam kitab Alaalaa karya Syekh Az-Zarnuji dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter di Era Globalisasi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Seiring pesatnya arus globalisasi dan masyarakat yang semakin modern, tidak sedikit justru menjadikan bangsa ini bangsa yang dilanda krisis moral karena terkena dampak negatif yang ditimbulkan oleh arus globalisasi dan minimnya penanaman nilai-nilai akhlaq dan pendidikan karakter sejak dini. Oleh karenanya, tugas pendidikan semakin berat dalam membentuk manusia yang berakhlaq di setiap tindakannya. Maka dari itu diperlukan adanya pengkajian lebih dalam terkait pendidikan akhlaq yang diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap pembangunan karakter di era globalisasi. Dalam penelitian ini juga akan dikaji terkait relevansinya dengan pendidikan karakter di era globalisasi.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlaq yang terkandung dalam kitab Alaalaa. (2) Mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan akhlaq yang terdapat dalam kitab Alaalaa dengan pendidikan karakter di era globalisasi.
Penelitian dalam skripsi ini tergolong dalam penelitian kepustakaan (library research). Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi. Sumber data primer adalah kitab Alaalaa, sedangkan sumber data sekunder diambil dari buku-buku, jurnal, dan artikel lainnya yang bersangkutan dan relevan dengan penelitian. Adapun teknis analisis data menggunakan metode content analysis atau kajian isi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, sampai saat ini kitab Alaalaa masih relevan dengan pendidikan karakter di era globalisasi. Nilai-nilai pendidikan akhlaq yang terkandung dalam kitab Alaalaa diantaranya: (1) Syarat Mencari Ilmu, (2) Mencari Teman, (3) Keutamaan Ilmu, (4) Menjaga Ilmu, (5) Keutamaan Ilmu Fiqh, (6) Bodohnya Orang Berilmu, (7) Menggapai Cita-cita, (8) Bahaya Lisan, (9) Mengagungkan Guru, (10) Mengendalikan Hawa Nafsu, (11) Larangan Berburuk Sangka, (12) Adab Bermasyarakat, (13) Jauhi Sifat Dendam dan Dengki, (14) Manfaatkan Waktu dengan Baik, (15) Perintah Mencari Ilmu. Nilai-nilai tersebut akan sangat membantu dalam mewujudkan tujuan pendidikan karakter guna mencetak generasi yang mampu mengatasi tantangan zaman dengan karakter dan perilaku yang terpuji.
ENGLISH:
Along with the rapid flow of globalization and increasingly modern society, not a few actually makes this nation a nation that’s plagued by a moral crisis because of the negative impact caused by the current of globalization and the lack of instilling moral values and character education early on. Therefore, the task of education is getting tougher in forming moral person in every action. Therefore, it’s necessary to have a deeper study related to moral education which is expected to be able to have a positive impact on character development in the era of globalization. In this study, it will also be examined related to its relevance with character education in the era of globalization.
The purpose of this study was to: (1) Knowing the values of moral education contained in the book of Alaalaa. (2) Knowing the relevance of moral education values contained in the book of Alaalaa with character education in the era of globalization.
Research in this thesis is classified as library research. Data collection in this study was carried out using documentation techniques. The primary data source is the Alaalaa book, while the secondary data source is taken from books, journals, and other articles related to research. The technical of data analysis using content analysis methods.
The results of this study indicate that until now, the book of Alaalaa is still relevant to character education in the era of globalization. Moral education values contained in the book of Alaalaa include: (1) Requirements in Seeking Knowledge, (2) Looking for Friends, (3) Superiority of Knowledge, (4) Maintaining Knowledge, (5) Superiority of Fiqh, (6) Ignorant Knowledgeable People, (7) Achieving Goals, (8) Oral Danger, (9) Glorify The Teacher, (10) Controlling Lust, (11) Prohibition of Suspicion, (12) Etiquette in Society, (13) Stay Away from Revenge and Envy, (14) Make Good Use of Time, (15) Command to Seek Knowledge. These values will be very helpful in realizing the goals of character education to produce a generation that’s able to overcome the challenges of the times with commendable character and behavior.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kitab alaalaa; pendidikan akhlaq; pendidikan karakter; the book of alaalaa; moral education; character education; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2020 10:30 | ||||||
Last Modified: | 30 Mar 2020 10:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16300 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |