Rifai, A. Burhan (2019) Implementasi nilai nilai pendidikan akhlak kitab Tanbihul Muta’alim dalam pelaksanaan pendidikan Agama Islam: Studi di MTS Ar-Rohman 01 Bulu, Rembang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Kitab Tanbihul Muta’allim merupakan salah satu kitab yang sering di gunakan dalam pembelajaran pondok pesantren, di mana isi dari kitab ini menjelaskan tentang akhlak seorang siswa dalam proses pembelajaran, akhlak kepada guru, dan akhlak kepada orang tua. MTs Ar-Rohman 01 bulu, Rembang merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menggunakan kitab Tanbihul Muta’allim sebagai salah satu sumber pembelajaran. Yang mana pengkajian kitab Tanbihul Muta’allim sendiri dilakukan pada waktu siswa masih duduk di kelas 7.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini ditentukan secara purposive terdiri dari Kepala Sekolah, Sekretaris Guru Fiqih, Guru Akidah Akhlak, siswa kelas 7 yang mengikuti pengkajian kitab, dan siswa kelas 9 MTs Ar-Rohman 01 Bulu, Rembang. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, yaitu data collection, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Dalam pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Unsur-unsur nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Tambihul Muta’allim meliputi: (1) akhlak terhadap Allah. (2) akhlak terhadap diri sendiri (3) akhlak terhadap sesama manusia yang mencakup: akhlak terhadap orang tua, akhlak peserta didik terhadap pendidik, (4) akhlak terhadap ilmu. 2) Implementasi nilai pendidikan akhlak kitab Tanbihul Muta’allim dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di MTs Ar-Rohman 01 Bulu, Rembang, yaitu siswa senantiasa menjaga kebersihan dan kerapian di dalam kelas, para siswa selalu membaca doa dalam setiap memulai pembelajarannya, serta para peserta didik memiliki akhlakul karimah/budi pekerti yang baik, memiliki sifat tawadlu’ kepaada guru, melaksanakan sunnahnya dan menjauhi larangannya, memilih makan yang baik dan halal, memiliki niat yang baik dalam emnuntut ilmu, selalu menurut kepada orang tua, bersungguh sungguh dalam menuntut ilmu. 3) terdapat sembilan nilai pendidikan akhlak yang terimplementasi dalam pelaksanaan pendidikan agama Islam di MTs Ar-Rohman 01 Bulu, Rembang. Antara lain (1) akhlak untuk menjaga kebersihan (2) akhlak untuk selalu berdo’a atau selalu mengingat Allah (3) memiliki budi pekerti luhur (4) akhlak peserta didik terhadap guru (5) akhlak untuk bermusyawarah (6) akhlak untuk menjauhi larangan-larangan Allah. (7) memilih makanan yang baik dan halal, (8) bersungguh-sungguh dalam menuntut ilmu (9) memiliki niat yang baik dalam menuntut ilmu.
ENGLISH:
Tanbihul Muta'alim book is one of the books often used in boarding school learning. Its content explains about the moral of students in the learning process, moral of the teachers, and moral of parents. MTs Ar-Rohman 01 Bulu in Rembang is an educational institution that uses the Tanbihul Muta’alim book as a source of learning. This book is learned by the students of grade VII.
It was a qualitative research using case studies. The subject of this research was determined purposively. It consists of the headmaster, teacher of Fiqh, teacher of the Moral, the students of grade VII who were studying this book, and students of grade IX in MTs Ar-Rohman 01 Bulu, Rembang. Data collection used interview techniques, observation, and documentations. Data analysis used the Miles and Huberman model, namely data collection, data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. In checking the validity of the data it used triangulation of source and triangulation of method.
The results shows that 1) The elements of moral education values of the book Tambihul Muta’alim include: (1) the morality to God (Allah).(2) moral to the self,(3) moral to fellow human, (4) moral to knowledge. 2) The implementation of the education value of Tanbihul Muta’allim book in the application of Islamic Education in MTs AR-Rohman 01 Bulu, Rembang are the students always maintain cleanliness and neatness in the classroom, the students always read the prayer as they begin their learning, the students have akhlakul karimah/good manners, they are also tawadlu’ to the teacher, carry out his sunnah and stay away from his ban, choose good and halal food, have good intentions for learning, always obey their parents, and be serious for learning. 3) There are nine moral education values that are implementation in the application of Islamic Education in MTs AR-Rohman 01 Bulu, Rembang. They are (1) moral to maintain cleanliness (2) moral to always pray and always remember God (3) having good mind and character /akhlakul karimah (4) the moral of students to the teacher (5) moral for deliberation (6) moral to stay away from God's prohibitions. (7) choosing good and halal food,(8) being serious in learning (9) the moral of the students to their parents (10) having good intentions for learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Kawakip, Akhmad Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendidikan akhlak; tanbihul muta’allim; pendidikan agama islam; moral education; islamic education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2020 10:29 | ||||||
Last Modified: | 17 Jul 2023 08:41 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16296 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |