Nugroho, Mukrim (2019) Implementasi program keagamaan sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa di Ma’had Raudhotul Ulum Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fullext)
15110076.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA:
Program Keagamaan adalah kegiatan yang berisikan tentang keagamaan yang dilaksanakan dalam bentuk pondok pesantren atau ma’had untuk upaya membentuk karakter religius siswa. Karakter religius merupakan sikap dan perilaku yang penuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelakasanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain. Melalui kegiatan tersebut diharapkan siswa menjadi generasi hebat, dan ini merupakan tujuan dari pendidikan nasional untuk membentuk karakter peserta didik. Melihat siswa saat ini masih banyak berperilaku tidak baik. Untuk itu, perlu adanya upaya pembentukan karakter religius bagi siswa.
Fokus penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan bentuk-bentuk program keagamaan sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa di Ma’had Raudlotul Ulum Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri. 2) mendiskripsikan implementasi program keagamaan sebagai upaya pembentukan karakter religius siswa di Ma’had Raudlotul Ulum Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri. 3) mendeskripsikan dampak penerapan program keagamaan bagi siswa di Ma’had Raudlotul Ulum Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri.
Penelitiani ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan tiga tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan data penulisan menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) bentuk kegiatan: Sholat Fardlu berjamaah, Qiyamul lail, untuk kegiatan ini tidak wajib atau bersifat feksibel, Ta’lim, Tadarus dan Tahfid Al-qur’an, Madrasah diniyah, Kegiatan rutin malam jum’at, seperti sholawatan, yasinan dan tahlil, Muhadhoroh, dan Ta’limul Durus. 2) dalam implementasinya kegiatan program keagamaan ini dilakukan setiap hari secara berulang-ulang (dimulai dari sholat subuh berjamaah sampai dengan sholat isya berjamaah. 3) dampaknya terlihat dengan munculnya karakter dalam PAI yakni nilai-nilai Ilahiyah (hubungan dengan Allah) dan nilai-nilai insaniyah (hubungan dengan sesam manusia).
ENGLISH:
Religious Programs are an activity that contains religion implemented in the form of Islamic boarding school or ma'had for the efforts to form religious character of students. Religious character is a full attitude and behavior in implementing the teachings of adhered religion, tolerant to the implementation of other worship religions, and living in harmony with followers of other religions. Through these activities students are expected to become a great generation, and this is the goal of national education to form the character of students. Seeing students at nowadays there are still lots of bad behavior. Therefore, these need efforts to form religious character for students.
The focus of this study is: 1) describing the forms of religious programs as an effort to form the religious character of students in Ma'had Raudlotul Ulum Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri. 2) describing the implementation of religious programs as an effort to form the religious character of students in Ma'had Raudlotul Ulum Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri. 3) describing the impact of implementing religious programs for students at Ma'had Raudlotul Ulum Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Kediri.
This research uses a qualitative approach by the type of case study research. Data collection techniques using: interviews, observation, and documentation. While the data analysis uses descriptive analysis with three stages of analysis, namely data reduction, data presentation, and drawing conclusions. For checking data writing uses data triangulation.
The results showed that: 1) the form of activities: Fardlu prayer together, Qiyamul lail (for this activity is not included as obligation but flexible), Ta'lim, Tadarus and Tahfid Al-Qur'an, Madrasah diniyah, Thursday night routine activities, such as sholawatan, yasinan and tahlil, Muhadhoroh, and Ta'limul Durus. 2) in the implementation of these religious program activities is carried out every day repeatedly (starting from the dawn prayer together until the evening prayer together. 3) the impact is seen by the emergence of character in islamic education namely Ilahiyah values (relationship with God) and insaniyah values (relationship with human).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yaqien, Nurul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | program keagamaan; pembentukan karakter religious; religious programs; formation of religious characters | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2020 10:28 | ||||||
Last Modified: | 30 Mar 2020 10:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16293 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |