Hayati, Amelia Silvi (2019) Studi perbandingan metode pembelajaran Qiro’ati dan Ummi dalam meningkatkan pemahaman baca Al-qur’an di MI Al-Jihad Astana Brondong Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15110073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sebagai umat Islam kita dituntut untuk selalu membaca dan mepelajari Al-Qur’an sejak masih anak-anak sebagai bekal dan pedoman hidup di masa depan, di Era sekarang banyak anak yang hanya bisa membaca Al-Qur’an tetapi tidak sesuai dengan tajwid dan makhorijul hurufnya. Hal ini akan berpengaruh pada makna dari bacaan tersebut maka diperlukan sebuah metode pembelajaran Al-Qur’an yang cocok untuk anak sekolah dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran qiro’ati dan ummi.
Landasan teoritis yang melandasi penelitian ini adalah kemampuan membaca Al-Qur’an, metode pembelajaran, serta metode qiro’ati dan ummi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus (Case Studies). Data yang diperoleh penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Dan berdasarkan data yang diperoleh tersebut peneliti mendeskripsikan dan menggunakan apa adanya hasil temuan di lapangan.
Hasil dari peneitian ini adalah implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode qiro’ati dan ummi menggunakan strategi yang berbeda yakni individual, klasikal individual untuk kelas dasar qiro’ati, klasikal individual dan klasikal bacasimak untuk kelas Al-Qur’an keatas. Sedangkan strategi metode ummi yakni bacasimak murni, klasikal Baca simak,dan individual.Kedua metode juga mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Dari hasil penelitian terdapat beberapa faktor penghambat dan pendukung yang tidak lain berasal dari dalam (intern) maupun luar (ekstern)
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan kedua metode dirasa sudah bagus hal ini dibuktikan dengan siswa dapat membaca Al-Qur’an secara tartil. Masing-masing metode juga mempunyai kelebihan dan kekurangan, serta faktor pendukung dan penghambat yang berasal dari dalam maupun luar.
ENGLISH:
As Muslims, we are required to always read and study about Qur'an, since we are children, as provisions and guidelines for life in this future. In this era, many children can only read the Qur'an. In reading Qur’an, they are not in accordance withTajweed and Arabic pronunciation. This affects the change of Qur’an meaning.So, we need a learningmethod for studying Qur'an that is suitable for elementary school student. In this study, the researcher uses the method of Qiro'ati and Ummi.
The theoretical base of this study is that skill of reading Al-Qur’an, learning method, also Qiro’ati and Ummi methods.
This research uses a qualitative approach, with the type of case studies. The data is obtained through observation, interview, and documentation studies. Based on the data obtained, the researcher describes and uses what she has found in the field.
The results of this study show that the application of Qur'an learning using the method of Qiro'ati and Ummiuse different strategies. The strategies are individual, classical individual for the basic class of qiro'ati, individual classical and classical reading for advanced class. While the strategy of Ummiis the method of independently reading, classical reading, and individual reading. Both methods also have advantages and disadvantages. Based on the results of the study, there are several inhibiting and supporting factors which are not caused by internal or external factors.
In conclusion, utilizing of the two methods is perfectly success, proved by students’ ability in reading Al-Qur’an with tartil. Each method has its strengths and weaknesses, also its obstacles and proponents either from internal or external.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | studi perbandingan; pembelajaran al-qur’an; metode qiro’ati; metode ummi; acomparative study; qur'an learning; qiro’ati method; ummimethod | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2020 10:27 | ||||||
Last Modified: | 24 Mar 2023 14:14 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16290 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |