M, Nafla Mahdhiyah (2019) Penerapan Metode Bil Qolam dalam pembelajaran Ta’lim Al-Quran Kelas I’dad di Ma’had Sunan Ampel Al-‘Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15110068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA:
Metode Bil Qolam merupakan metode panduan yang sangat praktis dalam belajar membaca Al-Quran dan penerapan metode Bil Qolam dengan cara talqin, ittiba’ dan ‘urdhoh. Ta’lim Al-Quran kelas I’dad merupakan kelas asasi yang dibagi menjadi dua, Asasi dan I’dad. I’dad adalah program kelas baru Tahun ajaran 2018-2019 dimana mahasantri yang belum lancar dalam membaca satu ayat dan belum mengenal ilmu tajwid. Untuk membedakan kelas asasi dengan I’dad, maka kelas I’dad menggunakan kitab Bil Qolam. Hal ini untuk meneliti penerapan metode Bil Qolam dalam pembelajaran Ta’lim Al-Quran kelas I’dad di Ma’had putri Sunan Ampel Al-‘Aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui proses penerapan metode Bil Qolam dalam pembelajara Ta’lim Al-Quran kelas I’dad, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat diterapkannya metode Bil Qolam dalam pembelajaran Ta’lim Al-Quran kelas I’dad dan (3) mengetahui efektivitas penerapan metode Bil Qolam dalam peningkatan Ta’lim Al-Quran.
Jenis Penelitian ini adalah Mix Method dengan menggunakan strategi eksploratoris sekuensial. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif-kuantitatif bertahap dan analisis Paired Sample T Test yang dibantu dengan program aplikasi IBM SPSS versi 22.00.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, (1) Proses penerapan metode Bil Qolam di kelas I’dad diterapkan sesuai dengan langkah-langkah pada metode Bil Qolam, yaitu adanya pembukaan, apresiasi, penanaman konsep, pemahaman, latihan/keterampilan, evaluasi, dan penutup., (2) Faktor yang mendukung dari penerapan metode Bil Qolam ini yaitu: dari faktor internal adalah muallim yang berkualitas, suasana kelas kondusif dan sumber belajar yang memadai, dari faktor eksternal adalah dukungan dari lembaga PIQ. Sedangkan faktor yang menghambat, yaitu: alokasi waktu terbatas dan sarana yang kurang memadai seperti papan tulis, (3) Efektivitas penerapan metode Bil Qolam dalam peningkatan Ta’lim Al-Quran menunjukkan bahwa penerapan metode Bil Qolam efektif dalam peningkatan Ta’lim Al-Quran, dilihat dari hasil perolehan rata-rata antara nilai UTS sebesar 68,42 dengan UAS sebesar 74,74, dari nilai tersebut mengalami peningkatan yang cukup tinggi sebesar 6,32. Sedangkan dari hasil analisis Paired Sample T Test nilai t-value (1,417) < t-tabel (2,0273), menunjukkan bahwa penerapan metode Bil Qolam dalam peningkatan Ta’lim Al-Qur’an kelas I’dad tidak terdapat perbedaan antara nilai UTS (Ujian Tengah Semester) dengan nilai UAS (Ujian Akhir Semester). Jadi, metode Bil Qolam akan lebih efektif jika masih diterapkan pada tahun-tahun berikutnya.
ENGLISH:
Bil Qolam method is a very practical method of learning to read the holy Qur'an and application of Bil Qolam method by Talqin, Ittiba' and ' Urdhoh. I'dad class in Ta'lim Al-Qur'an is a class of Asasi then it divided become two class, Asasi and I’dad. I'dad is a new class program of Ta'lim Al-Qur'an in 2018-2019, where mahasantri has not been fluent in reading one verse and not knowing tajwid knowledge. To distinguish the Asasi class with I'dad, the I'dad class use the book of Bil Qolam. For research the application of Bil Qolam method in the study of Ta'lim Al-Qur'an I'dad class in Women Ma'had Sunan Ampel Al-'aly UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
This research aims to: (1) knowing the process of applying the method of Bil Qolam in Ta'lim Al-Quran I'dad class, (2) knowing the supporting factors and the inhibitory factor applied Bil Qolam method in the study of Ta'lim Al-Quran I'dad class and (3) knowing the effectiveness of Bil Qolam application in increasing of Ta'lim Al-Qur'an.
This type of research is a Mix Method using a sequential exploratory strategy. The used methods to obtain data or information are interviews, observations and documentation. While the used analysis in this research is a gradual qualitative-quantitative analysis and Paired Sample T Test analysis aided by IBM SPSS version 22.00 application program.
The results of study indicated that, (1) The process of applying Bil Qolam method in I'dad class was appropriate according with the steps in the Bil Qolam method, namely the opening, appreciation, inculcation of concepts, understanding, training/skills, evaluation, and closing, (2) The supporting factors of the application of Bil Qolam method there are from internal factors is quality of mu’allim, conducive classroom atmosphere and adequate learning resources, from external factors is the support of PIQ institutions.While the factors that inhibit are limited time allocation and insufficient means such as whiteboard, (3) Effectiveness of the application of Bil Qolam in Ta'lim Al-Quran shows that the application of the Bil Qolam method is effective in improving the Ta’lim Al-Quran, which is from the result of the average acquisition between the UTS of 68.42 with an UAS of 74.74, from that value can be seen that the value experienced a fairly high increase of 6.32. While the results of the analysis Paired Sample T Test, t-value (1.417) < t-table (2.0273), that the application of Bil Qolam in the increase of Ta'lim Al-Qur'an I'dad class there is no difference between the value of UTS (Semester middle exam) with the value of UAS (Semester final exam). So, the Bil Qolam method will be more effective if it is still implemented in the following years.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Huda, Miftahul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | ta’lim al-qur’an kelas i’dad; bil qolam method; ta’lim al-qur’an i’dad class | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 19 Mar 2020 08:26 | ||||||
Last Modified: | 19 Mar 2020 08:26 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16287 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |