Mazaya, Faniyatul (2019) Gaya belajar mahasiswa berprestasi akademik: Studi kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15130138.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA:
Input sumber daya manusia yang berkualitas dalam menejemen pendidikan menjadi salah satu komponen penting dalam keberhasilan suatu lembaga. Selain itu keberhasilan peserta didik dalam mencapai prestasi akademik tidak lepas dari gaya belajar dan juga strategi yang diterapkan para mahasiswa berprestasi akademik dalam menyelesaikan kesulitan belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan latar belakang input mahasiswa berprestasi di Jurusan Pendidikan IPS, (2) menganalisis gaya belajar mahasiswa berprestasi di Jurusan Pendidikan IPS, (3) mendeskripsikan strategi mahasiswa dalam menyelesaikan kesulitan belajar.
Untuk mencapai tujuan diatas, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif yaitu peneliti mendeskripsikan latar belakang input mahasiswa berprestasi akademik, gaya belajar, dan strategi mahasiswa dalam menyelesaikan kesulitan belajar. Hal itu diperoleh dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen kunci adalah peneliti sendiri sekaligus pengumpul data yang selanjutnya data akan dideskripsikan. Data dianalisis dengan mereduksi data yang tidak relevan, menyajikan data, dan menarik kesmpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) mahasiswa berprestasi akademik di jurusan Pendidikan IPS dominan masuk ke UIN Malang melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, (2) mahasiswa berprestasi akademik mempunyai gaya yang berbeda, gaya belajar yang paling dominan adalah gaya belajar visual, kemudian gaya belajar auditori dan kinestetik, (3) strategi mengatasi kesulitan belajar mahasiswa berprestasi akademik dapat dikategorikan menjadi 3 sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki. Mahasiswa dengan gaya belajar visual disarankan mencatat materi dengan jenis peta konsep, menggunakan simbol, warna, kata, gambar yang mencolok untuk menandai hal-hal penting. Mahasiswa dengan gaya belajar auditori disarankan untuk membaca materi dengan cara baca yang dramatis atau berintonasi, selain itu mereka diminta aktif saat dosen menjelaskan dan diskusi bersama. Sedangkan untuk mahasiswa dengan gaya belajar kinestetik disarankan belajar dalam kelompok dengan membentuk suasana bermain peran (drama) dari materi yang dibahas. Selain itu dapat juga dengan menulis kembali poin-poin penting serta melakukan percobaan dengan melibatkan tubuh dalam belajar dengan mencoba meniru apa yang dipelajari.
ENGLISH:
The input of quality human resources in education management is an important component in the success of an institution. In addition, the success of students in achieving academic achievement is inseparable from learning styles and also the strategies applied by students with academic achievements in solving learning difficulties.
The purpose of this study was to (1) describe the background of student’sachievement in the Social Sciences Education Department, (2) analyze the learning styles of outstanding students in the Social Sciences Education Department, (3) describe student’s strategies in solving learning difficulties.
To achieve the above objectives, the approach used is a descriptive approach, namely the researcher describes the background of student input academic achievement, learning style, and student strategies in solving learning difficulties. This was obtained by interview, observation and documentation. The key instrument is the researcher himself as well as the data collector, the data will then be described. Data were analyzed by reducing irrelevant data, presenting data, and attracting conclusions.
The results showed that, (1) students with academic achievement in the dominant Social Sciences Education Department went to Malang UIN through the SNMPTN and SBMPTN pathways, (2) students with academic achievement had different styles, the most dominant learning styles were visual learning styles, then learning styles auditory and kinesthetic, (3) strategies to resolve the learning difficulties of students with academic achievement can be categorized into 3 according to the learning style they have. Students with visual learning styles are advised to record material with a type of concept map, using symbols, colors, words, striking images to mark important things. Students with auditory learning styles are advised to read material with dramatic or berintonasi reading methods, besides that they are asked to be active when lecturers explain and discuss together. While for students with kinesthetic learning styles it is recommended to study in groups by forming an atmosphere of role playing (drama) from the material discussed. In addition, you can also write back important points and conduct experiments by involving the body in learning by trying to imitate what is learned.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Esha, Muhammad In’am | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | gaya belajar; prestasi akademik; learning style; academic achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 16 Mar 2020 13:31 | ||||||
Last Modified: | 16 Mar 2020 15:13 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16267 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |