Taqiyah, Nur Azzatut (2019) Pengaruh pembelajaran IPS dalam meningkatkan empati Siswa Kelas VIII di SMP Islam Sabilurrosyad Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130108.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Karakter merupakan hal yang sangat penting dan mendasar. Penguatan dalam pendidikan karakter untuk sekarang ini merupakan hal yang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang terjadi di Indonesia. Misi pendidikan karakter selayaknya juga diemban oleh mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Pelajaran IPS menjadi salah satu bidang studi yang berupaya mengarahkan siswa mempelajari kehidupan sosial. Jarolimek dan Parker berpendapat bahwa dalam pembelajaran IPS, ujian yang sesungguhnya adalah ketika para siswa berada diluar sekolah yakni dalam kehidupan mereka bersama masyarakat. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang diugkapkan oleh guru kelas VIII mengenai kurangnya empati siswa seperti adanya bulliying dikarenakan fisik, adanya kelompok-kelompok siswa, adanya diskriminasi terhadap siswa yang tidak mampu membaur. Selain itu peneliti menemukan yakni kurangnya sikap empati siswa dari sikap para siswa seperti memakai barang teman tanpa izin, bercanda dengan temannya saat pengajian sehingga menggangu yang lain, bertengkar dengan adu mulut, sangat suka duduk di tangga sehingga mengganggu orang lewat.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS di kelas VIII SMP Islam Sabilurrosyad Malang (2) mengetahui sikap empati yang dimiliki oleh siswa kelas VIII di SMP Islam Sabilurrosyad Malang (3) mengetahui pengaruh pembelajaran IPS terhadap pembentukan karakter empati siswa kelas VIII di SMP Islam Sabilurrosyad Malang
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik wawancara, angket, dan dokumentasi. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Sabilurrosyad Malang dan meggunakan teknik Random Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil analisis statistik regresi yang dihasilkan diketahui bahwa nilai R Square sebesar 0,601 artinya pengaruh pembelajaran IPS terhadap empaty sebesar 60,1 sehingga sisanya yaitu 39,9 empaty dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model penelitian ini.
ENGLISH:
Character is a very important and fundamental thing. Nowdays, strengthening the education of character become very relevant to overcome the moral crisis that has been happening in Indonesia. The mission of character education should also be carried out by the subjects of Social Sciences. Social sciences is one area of study that seeks to direct students to learn social life. Jarolimek and Parker argued that in social sciences learning, the real test is when students are out of school (in their social lives with the communities). This research is motivated by problems raised by VIII grade teachers regarding the lack of student empathy such as bullies due to physical conditions, groups of students, and discrimination against students who are unable to blend in. In addition, the researchers found that the lack of students' empathy of their attitudes such as wearing friends' goods without permission, joking with friends during recitation so that interfering the others, quarreling with arguments, sitting on the stairs that interfere the passangers.
This study was conducted with the aim of: (1) knowing the implementation of social sciences learning in VIII grade of Sabilurrosyad Islamic Middle School Malang (2) knowing the empathy attitude possessed by VIII grade students in Sabilurrosyad Islamic Junior High School Malang (3) knowing the effect of social studies learning on the formation of VIII grade students' empathy character at Sabilurrosyad Islamic Junior High School Malang
The approach used in this research is a quantitative approach. This type of research is a survey method. Data collection techniques implemented using interview techniques, questionnaires, and documentations. The population used is all of VIII grade students of Sabilurrosyad Islamic Junior High School Malang (using Random Sampling technique).
The results of regression statistical analysis showed that the R Square value is about 0.601, means that the effect of social sciences learning towards empaty is 60.1. Hence the remaining empaty (39.9) is influenced by other variables, not included in this research model.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasri, Hayyun Lathifaty | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pembelajaran ips; empati siswa; learning social science; student emphaty | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 13 Mar 2020 15:21 | ||||||
Last Modified: | 13 Mar 2020 15:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16252 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |