Pratama, Surya Marta (2019) Implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran IPS kurikulum 2013 kelas VII di MTS Al-Ittihad Poncokusumo Kabupaten Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pendekatan saintifik merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang direkomendasikan dalam implementasi Kurikulum 2013. Dalam praktik pembelajaran, penggunaan pendekatan saintifik dilakukan dengan langkah-langkah (srategi) pembelajaran yang dikenal dengan strategi pembelajaran 5M yang terdiri atas: kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data, mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Dalam penerapan pendekatan saintifik guru juga ikut andil yang besar, karena guru merupakan fasilitator yang harus memberikan bimbingan dan arahan serta motivasi kepada peserta didik agar dapat aktif dan mampu menguasai materi yang diajarkan. Selain itu tugas utama guru adalah menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi interaksi belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan sungguh sungguh.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) mendeskripsikan Konsep Pembelajaran Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Mata pelajaran IPS Kurikulum 2013 Kelas VII Di Mts Al-Ittihad Poncokusumo Kabupaten Malang, (2) Mendeskripsikan Proses Pembelajaran IPS Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Kelas VII Di Mts Al-Ittihad Poncokusumo Kabupaten Malang, (3) Mendeskripsiakan Kendala Pada Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Pada Pembelajaran IPS Kurikulum 2013Kelas VII Di mts Al-Ittihad Poncokusumo.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Alat dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data, data yang terkumpul dari teknik pengumpulan data dari observasi, wawancara, dan dokumentasi dikelompokkan dan diorganisasikan, sehingga dapat menjawab fokus penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Konsep pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Ittihad Poncokusumo Kabupaten Malang sudah memenuhi kaidah pendekatan saintifik, (2) Proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS kelas VII di MTs Al-Itiihad Poncokusumo Kabupaten Malang sudah memenuhi kaidah saintifik, (3) Kendala yang dihadpi oleh guru adalah kondisi kelas dimana satu RPP yang masih digunakan untuk seluruh kelas, yang seharusnya satu RPP untuk satu kelas atau menyesuaikan kondisi kelas. Yang kedua adalah kondisi peserta didik dimana peserta didik tidak memiliki potensi yang sama dengan peserta didik yang lainnnya.
ENGLISH:
The scientific approach is one of the learning approaches recommended in the implementation of the 2013 Curriculum. In teaching practice, the use of a scientific approach is carried out with learning steps (strategies) known as the 5M learning strategy consisting of: observing, asking, collecting data, associating, and communicating. In applying the scientific approach the teacher also contributes greatly, because the teacher is a facilitator who must provide guidance and direction and motivation to students so that they can be active and able to master the material being taught. In addition, the main task of the teacher is to create an atmosphere in the classroom so that teaching and learning interactions occur that can motivate students to learn well and truly.
The purpose of this study are: (1) describing the Concept of Learning by Using a Scientific Approach in the 2013 Curriculum IPS Class Subjects in Mts Al-Ittihad Poncokusumo Malang, (2) Describing the IPS Learning Process Using the 2013 Curricular Social Sciences Approach Class VII in Mts Al-Ittihad Poncokusumo Malang, (3) Describe the Obstacles to the Implementation of Scientific Approaches in Learning Social Sciences Curriculum 2013 Class VII in MTs Al-Ittihad Poncokusumo Malang.
To achieve the above purpose, used a qualitative approach with descriptive research. Tools and data collection techniques used are: observation, interviews, and documentation. As for data analysis, data collected from data collection techniques from observation, interviews, and documentation are grouped and organized, so that they can answer the focus of research.
The results of this study indicate that (1) The concept of learning by using a scientific approach to social studies subjects VII class at MTs Al-Ittihad Poncokusumo Malang Regency has fulfilled the rules of scientific approach, (2) The learning process by using a scientific approach to social studies subjects VII class in MTs Al-Itiihad Poncokusumo Malang Regency has fulfilled scientific rules, (3) The obstacle faced by the teacher is the class condition where one lesson plan is still used for the whole class, which should be one lesson plan for one class or adjusting class conditions. The second is the condition of students where students do not have the same potential as other students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Susilawati, Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | pendekatan saintifik; mata pelajaran ips; kurikulum 2013; scientific approach; social studies subjects; 2013 curriculum | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2020 10:02 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2020 10:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16228 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |