Fajrussalam, Muhammad (2019) Penggunaan metode pembelajaran variatif dalam meningkatkan motivasi belajar IPS Siswa Kelas IX E di SMP Islam Al-Maarif 01 Singosari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Sejatinya pembelajaran IPS bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahamn, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam memasuki kehidupan bermasyarakat. Dalam kegiatan belajar mengajar metode diperlukan oleh guru dan penggunaanya juga bervariasi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Penggunaan variasi metode pembelajaran dapat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Motivasi belajar peserta didik akan berkembang jika di sertai dengan implementasi keberagaman metode pembelajaran.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk : (1) Mengetahui penggunaan metode pembelajaran variatif dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IX di SMP Islam Almaarif 01 Singosari. (2) Mengetahui dampak penggunaan metode pembelajaran variatif dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IX di SMP Islam Almaarif 01 Singosari.
Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah fenomenologi dan jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif berjenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Saat data terkumpul penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu model Miles dan Huberman. Serta untuk mengecek keabsahan data, menggunakan teknik tringulasi sumber data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Metode pembelajaran variatif yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa adalah metode ceramah, metode tanya jawab, metode demonstrasi, metode discovery learning, dan metode penugasan. (2) Penggunaan metode pembelajaran variatif dalam meningkatkan motivasi belajar IPS siswa berdampak baik atau posisif, Hal tersebut ditandani dengan siswa teku dalam menghadapi tugas, siswa ulet dalam menghadapi kesulitan, siswa berminat dalam menghadapi masalah, siswa senang mengerjakan mandiri, siswa bosan terhadap hal-hal yang diulang/bersifat mekanis, siswa dapat mempertahankan pendapatnya, dan siswa tidak mudah melepaskan apa yang telah diyakininya.
ENGLISH:
True education IPS aim to make develop knowledge understanding and ability analysis the social condition of the community to entering the life of society the progres of learning education. The methods be required of teacher and than its use varied in accordance with the aim to be achieved. The use of learning methods varied can affect about students motivation to learn. Motivation to learn students will be develop if accompanied by the use of diversity learning variations.
The purpose of research was conducted to: (1) Know the use of learning methods varied to make develop motivation learning IPS the students of nine class in Islam Almaarif secondary school 01 Singosari. (2) ,Know the impact of learning methods varied to make develop motivation learning IPS students of nine class in Islam Almaarif secondary school 01 Singosari.
The research approach used by researches is Fenomemologis method and this type of research used Qualitative manifold descriptive, data collection techniques using qualitative analysis description is Huberman and Miles model. And to checked the validity of the data used techniques Trigulation data Sourch.
The result showed of (1) The methods varied used of teacher to make develop motivation learning IPS of students is the lecture's method,the method of question and answer, the demonstrasy method, discovery learning method,and the assigment method.(2) The use of learning methods varied to develop motivation learning IPS have good impact or positive. The fact of the method is visible the students to more diligent in face the task,students are tenacious in the face of adversity, students have interest confront the problem,students more happy if they working on own. Studentsbwill boring in repead situation or mechanical situation, students can defend their opinion and students not easy to discolate all of their belief.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yasri, Hayyun Lathifaty | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | metode pembelajaran variatif; motivasi belajar; ips; siswa; variative learning methods; motivation to learn; student | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 11 Mar 2020 13:57 | ||||||
Last Modified: | 11 Mar 2020 13:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16227 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |