Prasetya, Ferdha Indra (2019) Peran guru dalam proses pembelajaran IPS di SMP Negeri 7 Kota Pasuruan: Analisis Sosiologi Dengan Pendekatan Dramaturgi Erving Goffman. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Seorang guru merupakan cerminan diri dari peserta didik yang baik. Guru akan menampilkan peran yang akan di pandang baik oleh peserta didik, karena peserta didik akan nyaman dan antusias dalam mengikuti pelajaran jika guru memainkan perannya dengan baik, selain itu siswa akan mudah dalam menyerap segala informasi pembelajaran yang di sampaikan oleh seorang guru. Maka dari itu guru akan menyiapkan segala keperluannya untuk membantu peran tersebut. Namun akan berbanding terbalik peran atau penampilan seorang guru jika sedang tidak berada di dalam kelas.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan peran (Role) guru dalam pembelajaran IPS di SMP Negeri 7 Kota Pasuruan, (2) Untuk mendeskripsikan Dramaturgi terhadap guru dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 7 Kota Pasuruan (3) Untuk menjelaskan konsep diri (Self – concept) guru IPS di dalam kelas SMP Negeri 7 Kota Pasuruan
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Peneliti di bantu oleh pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi dan teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Sedangkan Triangulasi data digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai sumber dan narasumber dalam mencari informasi yang dibutuhkan.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan, pada diri guru yang penulis teliti dari setiap tindakan - tindakan dari personal front (peralatan yang digunakan untuk menampilkan diri: appearance, manner, dan setting) dalam pengelolaan kesan, mempunyai tujuan tertentu. hal ini di sebabkan karena seorang guru dimana komunikasi berperan sangat penting didalamnya untuk kelancaran proses belajar mengajar yang kondusif, membuat para guru ini melakukan hal - hal yang menurutnya dapat menunjang keberhasilan kegiatan belajar mengajar, yaitu dalam hal penampilan dirinya sebagai seorang aktor yaitu menjadi guru yang berakting di depan penonton yaitu siswa maupun rekan kerja karena seorang guru merupakan contoh bagi peserta didik. Konsep diri tersebut juga di dapatkan melalui peran apa yang di inginkan oleh guru tersebut.
ENGLISH:
The teacher is as the reflexive of the good students. The teachers will show their role in which it will be considered as good thing by the students, because the students will be comfortable and enthusiasm in joining the class if the teacher play his/her good role. Beside that, the student will be easier in the case of pervading whole the information in the learning process which are taught by the teacher.
As for the purpose of this study is (1) to explain the teacher's role in the social science learning process in SMP Negeri 7 Pasuruan, (2) to describe the dramaturgy to the teacher in the social science learning process in SMP Negeri 7 Pasuruan, (3) To explain the self-concept of social science teachet in the class of SMP Negeri 7 Pasuruan.
The data collection is done by using interview, observation, and documentation method. The researcher is helped by the interview, observation, and documentation catalog. As for the technic of data analysis are displaying the data, data reduction, and concluding. On the other hand, data triangulasi is used to explain the data validity with several sources and interviewees in the case of find out the needed information.
Based on the study which is done by the researcher, every action of the teacher's self including of personal front action (the material which is used to show their selves : appearance, manner, and setting) has certain purpose in the case of impression organization. It is because the communication is extremely important for the learning process smootness in the case of condition. From that case, the teacher do several things to support their learning process. Furthermore, in the case of appearance, the teacher is as the actor who act in front of the audience in which the students or colleague because teacher becomes the example for the students. That self-concept can be gained through the role which is wanted by that teacher.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yahya, Mokhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | peran (role); dramaturgi; konsep diri (self – concept); : role; dramartugy; self-concept; | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 10 Mar 2020 10:25 | ||||||
Last Modified: | 10 Mar 2020 10:25 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16213 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |