Indriani, Nina (2019) Efektivitas pembelajaran IPS Pada pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan (PKL) di MTsN 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130063.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Pembelajaran merupakan proses yang berfungsi membimbing peserta didik di dalam kehidupannya, yakni membimbing dan mengembangkan diri sesuai dengan tugas perkembangan yang harus dijalani. Efektivitas pembelajaran seringkali diukur dengan tercapainya tujuan pembelajaran, atau ketepatan dalam mengelola suatu situasi. Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan dapat dikatakan pembelajaran yang efektif apabila dapat memenuhi faktor-faktor efektivitas pembelajaran yaitu strategi dan metode pembelajaran, materi, media, evaluasi, dan gaya mengajar guru.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka skripsi ini ingin mengkaji tentang efektivitas pembelajaran IPS pada pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di MTsN 1 Malang. Adapun yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1) efektivitas pembelajaran IPS pada pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di MTsN 1 Malang, (2) hambatan yang dihadapi dan cara mengatasi pada pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di MTsN 1 Malang.
Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data menggunakan interview (wawancara), observasi dan dokumenasi. Informan penelitian yaitu waka kurikulum, guru mata pelajaran IPS, mahasiswa, dan siswa. Adapun langkah-langkah penelitian atau analisis data yang dilakukan adalah dengan cara reduksi data, penyajian data dan pengambil kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Efektivitas pembelajaran IPS pada pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan di MTsN 1 Malang secara umum efektif, dan terdapat lima indikator dalam efektivitas pembelajaran yaitu pertama, mahasiwa menggunakan strategi inquiry dan strategi pembelajaran kooperatif dengan metode teams games turnament, problem based learning dan ceramah. Kedua, materi yang dipersiapkan dan sampaikan kepada siswa berjalan dengan baik dan dapat diterima oleh siswa. ketiga, menggunakan powerpoint sebagai media pembelajaran. keempat, mengavaluasi siswa agar prestasi belajar mata pelajaran IPS meningkat, dan kelima adalah gaya mengajar guru atau gaya mengajar dari mahasiswa Praktek Kerja Lapangan. Yang terakhir terdapat hambatan-hambatan yang dihadapai oleh mahasiswa dan cara mengatasinya pada pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan.
ENGLISH:
Learning is a process that serves to guide students in their lives, that is to guide and develop themselves in accordance with the task of development that must be undertaken. The effectiveness of learning is often measured by the achievement of learning objectives, or accuracy in managing a situation. Internship can be said to be effective learning if they can fulfill the factors of learning effectiveness, they are learning strategies and methods, material, media, evaluation, and teacher teaching methods.
Based on the background above, this study wants to examine the effectiveness of social studies learning in the implementation of Internship’s students in MTsN 1 Malang. This study wants to achieve (1) the effectiveness of social studies learning in the implementation of Internship’s students in MTsN 1 Malang, (2) the obstacles faced and how to overcome them, in the implementation of Internship’s students in MTsN 1 Malang.
The approach of this research is qualitative methods with the type of case study research. Data collection techniques using interviews (interviews), observation and documentation. Research informants are curriculum of waka, social studies teacher, college students, and students. The steps or data analysis of this research is carried out by data reduction, data presentation and took conclusion or data verification.
The results showed that the effectiveness of social studies learning in the implementation of internship’s students in MTsN 1 Malang generally effective, and there were five indicators in the effectiveness of learning: First, students used inquiry strategies and cooperative learning strategies by teams games turnament methods, problem based learning and lectures. Second, the material prepared and delivered to student runs well and can be acceptrd by student. Third, use PowerPoint as a learning medium. fourth, evaluating students so that student achievement increases. and fifth is the teaching style of the teacher or the teaching style of the internship’s students.The last,there are some obstacles faced and how to overcome them, in the implementation of the Internship’s students.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rachmawati, Aniek | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | efektivitas pembelajaran; praktek kerja lapangan; learning effectiveness; internship s students | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 03 Mar 2020 14:31 | ||||||
Last Modified: | 03 Mar 2020 14:31 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16157 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |