Azizah, Irva (2019) Peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa inklusi di SMP Muhammadiyah 2 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
15130041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA:
Pendidikan berhak dimiliki oleh seluruh warga Indonesia. Berangkat dari pernyataan tersebut, diselenggarakanlah sekolah inklusi yang menerima siswa inklusi. Dalam hal ini, menjadi sebuah tantangan bagi guru sehingga perlunya dikaji mengenai perannya. Selain itu, siswa disabilitas dengan karakter yang berbeda-beda, juga memiliki tingkatan kemampuan belajar yang berbeda pula. Maka dari itu, untuk menumbuhkan kemauan belajar siswa, guru mengambil peran di sini. Terkait hal tersebut, objek penelitian yang dipilih yaitu SMP Muammadiyah 2 Malang. Sekolah tersebut sebagai sekolah penyelenggara inklusi.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan pendidikan inklusi di SMP Muhammadiyah 2 Malang, 2) Untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa inklusi di SMP Muhammadiyah 2 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun instrumen dalam penelitian ini adalah gruu mata pelajaran IPS, Guru Pembimbing Khusus (GPK), siswa non disabilitas dan kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) penerapan pendidikan inklusi di SMP Muhammadiyah, antara lain perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dengan menyusun RPP dan jadwal penempatan di ruang inklusi serta asesmen. Kemudian dalam pelaksanaannya, melalui pendampingan di kelas dan pembelajaran menggunakan media pembelajaran. Sedangkan evaluasi, melalui pengamatan dan ujian. 2) peran guru IPS dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa inklusi adalah sebagai demonstrator, sebagai mediator dan fasilitator, sebagai pengelola kelas dan sebagai evaluator.
ENGLISH:
Education has the right to be owned by all Indonesian citizens. Departing from the statement, an inclusive school was held which accepted inclusion students. In this case, it becomes a challenge for the teacher and it needs to study the role. In addition, the disability students with different characters also have different levels of learning ability. Therefore, to increase the student learning wish, the teacher takes a role here. Related to this, the research object is Muhammadiyah Junior High School 2 of Malang that is an inclusive school.
The purposes of the research are: 1) To find out the application of inclusive education at Muhammadiyah Junior High School 2 of Malang, 2) To find out the role of the teacher in increasing the learning motivation of inclusion students at Muhammadiyah Junior High School 2 of Malang
The research uses a qualitative approach with case study research type. The instruments are social studies subjects, Special Teacher (GPK), non-disabled students and school principal. Data collection methods use interviews, observation and documentation. The analysis uses descriptive analysis.
The research results indicated that 1) the application of inclusive education at Muhammadiyah Junior High School includes planning, implementation, and evaluation. Planning, by preparing lesson plans and placement schedules in the inclusion room and assessment. Then, in its implementation is through mentoring in class and learning using learning media. The evaluation is through observation and examinations. 2) the roles of social studies teacher in increasing learning motivation of inclusion students is as a demonstrator, as a mediator and facilitator, class manager and an evaluator.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Pusposari, Luthfiya Fathi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | peran guru; motivasi belajar; pendidikan inklusi; the roles of teacher; learning motivation; inclusive education | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2020 11:00 | ||||||
Last Modified: | 02 Mar 2020 11:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16150 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |