Darmayanti, Sayu (2019) Pengaruh interaksi sosial dan perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Ar-Rohmah Putri Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan kognitif merupakan tingkat pencapaian kemampuan siswa yang terdiri dari proses berpikir, mengingat dan menalar. Perkembangan kognitif mempunyai peran penting bagi siswa yaitu memahami materi pelajaran dengan lebih mudah. Dalam meningkatkan perkembangan kognitif, siswa harus memiliki interaksi sosial dan perkembangan bahasa yang baik dalam lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat untuk membantu siswa memperoleh pengetahuan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap perkembangan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Ar-Rohmah Putri Malang, (2) menjelaskan pengaruh perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Ar-Rohmah Putri Malang, (3) menjelaskan pengaruh interaksi sosial dan perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Ar-Rohmah Putri Malang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi yang diambil yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Ar-Rohmah Putri Malang sebanyak 273 siswa, dengan teknik pengambilan sampel jenis random sampling atau sample acak sebanyak 168 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner dan dokumentasi, dan pengujian instrumen dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis dengan uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) ada pengaruh secara positif signifikan interaksi sosial terhadap perkembangan kognitif siswa, ini berarti bahwa perkembangan kognitif siswa dapat ditingkatkan dengan cara menciptakan interaksi sosial yang baik dalam lingkungan sekolah. (2) ada pengaruh secara positif signifikan perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif siswa, ini berarti bahwa perkembangan kognitif siswa dapat ditingkatkan dengan melatih perkembangan bahasa siswa dengan baik. (3) ada pengaruh secara positif signifikan interaksi sosial dan perkembangan bahasa terhadap perkembangan kognitif siswa, ini berarti bahwa perkembangan kognitif siswa akan meningkat jika interaksi sosial dan perkembangan siswa baik.
ENGLISH:
Cognitive development is the level of students ability includes process of thinking, remembering, and reasoning. The cognitive development is significant for students ability in understanding the subject materials. Good social interaction and language development in students school, family, and social environment are needed to enhance students cognitive development.
The aims of this study are (1) to explain the effect of social interaction on students cognitive development in social science in VII grade students SMP Ar-Rohmah Putri Malang, (2) to explain the effect of language development on students cognitive development in social science in VII grade students SMP Ar-Rohmah Putri Malang, (3) to explain the effect of social interaction and language development on students cognitive development in social science in VII grade students SMP Ar-RohmahPutri Malang.
The method used in this study is quantitative approach with correlation research design. Random sampling is utilized to determine the sample of this study that are 168 from 273 populations of VII grade students of SMP Ar-Rohmah Putri Malang. Data collections of this study are questionnaire and documentation; instrument testing (validity and reliability). The techniques of data analysis are descriptive statistics analysis, classic assumption test, multiple linear regression analysis, and hypothesis testingusing the t test and F test.
The results of this study show that (1) Organizing good social interaction in school environment can enhance the students cognitive development because social interaction is significant to the students cognitive development, (2) Language development is significant to the students cognitive development so that students cognitive development can be enhanced by practicing students language development, (3) Social interaction and language development are significant to the students cognitive development so that the good social interaction and language development will create good cognitive development.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Wahidmurni, Wahidmurni | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | interaksi sosial; perkembangan bahasa; perkembangan kognitif; social interaction; language development; cognitive development | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 02 Mar 2020 10:59 | ||||||
Last Modified: | 25 Jul 2020 23:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16147 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |