Luailiyah, Alif Nabilatul (2019) Strategi guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa IPS Kelas XI SMA Assa’adah Bungah Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
15130029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Tanggung jawab berarti sifat kepedulian dan kejujuran yg sangat tinggi, sifat itu bisa mengendalikan tingkah laku karakter yang perlu ditanamkan pada anak, agar anak bisa mengendalikan tingkah laku dan dapat mematuhi tata tertib yang ada. Selain itu dengan pembentukan karakter pada diri anak juga merupakan salah satu tujuan dari pendidikan. Dengan adanya bertanggung jawab kegiatan belajar mengajar akan berlangsung dengan baik dan karakter ini akan di bawa sampai siswa besar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan tentang strategi guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa IPS kelas XI SMA Assa’adah Bungah (2) Mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa IPS kelas XI SMA Assa’adah Bungah Gresik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti adalah pembentukan karakter bertanggung jawab siswa jurusan IPS SMA Assa’adah. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang di analisis dengan langkah yaitu reduksi data, display, atau penyajian data dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Strategi guru dalam pembentukan karakter tanggung jawab siswa IPS kelas XI SMA Assa’adah baik ketika pembelajaran didalam dan diluar kelas adalah keteladanan, penanaman kedisiplinan, pembiasaan, inetgrasi dan internalisasi. (2) Faktor pendukung dan penghambat dala pembentukan karakter tanggung jawab siswa IPS kelas XI SMA Assa’adah Bungah Gresik adalah adanya kontrol dari kepala sekolah, adanya peran aktif dari guru, adanya peran aktif dari orang tua siswa, kesadaran para siswa, adanya kekompakan dari masyarakat sekitar,adanya kekompakan antara sekolah dengan para guru. Sedangkan faktor penghambata adalah pengaruh lingkungan keluarga yang kurang bisa memperhatikan anaknya dan kurang kesadaran pada siswa mengenai pentingnya karanter bertanngung jawab.
ENGLISH:
Responsibility is high caring and honesty, this characteristic can control behaviour and another good characteristic that should be built on children, this characteristic is to control the children to have good behaviour and obey rules. However, characteristic building is also the aim of education. By building responsible characteristics, the activity of teaching and learning can be held well, then, this characteristics will also be applied until the students are be adult.
The aims of this research are to: (1) describe teacher’s strategy in building the characteristics of responsible on students of eleventh class social science of Assa’adah Senior High School Bungah. (2) describe the supported factors and obstacles of teacher’s strategy in building the characteristics of responsible on students of eleventh class social science of Assa’adah Senior High School Bungah Gresik.
This research uses qualitative approach with the kind of descriptive qualitative. The object that is researched is responsible characteristics building Objek yang diteliti adalah pembentukan karakter bertanggung jawab siswa jurusan IPS SMA Assa’adah. The data collection techniques are carried out by observation, interview, and documentation. The data is analysed by redacting data, displaying data or presenting data, and drawing conclusion.
The results of the research show that (1) the teacher’s strategy in building the characteristics of responsible on students of eleventh class social science is in in-door class and out-door class is by exemplary, planting discipline, habituation, integration, and internalisation. (2) the supported factors of teacher’s strategy in building the characteristics of responsible on students of eleventh class social science of Assa’adah Senior High School Bungah Gresik are the head master control, the active role of the teachers and the parents, the awareness of the students, the compactness of the society, and the compactness of the teachers and the students. However, the obstacles are the family which cannot be aware to their son and the low awareness of the students about the importance of the responsibility.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Walid, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | strategi guru; karakter tanggung jawab; teachers’ strategy; responsibility character | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial | ||||||
Depositing User: | Anisa Putri | ||||||
Date Deposited: | 27 Feb 2020 14:04 | ||||||
Last Modified: | 27 Feb 2020 14:04 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16141 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |