Responsive Banner

Peran guru IPS dalam membentuk sikap toleransi siswa kelas VII-H di SMP Negeri 1 Singosari Malang

Putra, Rahardiansyah (2018) Peran guru IPS dalam membentuk sikap toleransi siswa kelas VII-H di SMP Negeri 1 Singosari Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
14130102 .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Sikap toleransi merupakan salah satu sikap sosial yang sangat penting ditanamkan kepada siswa sesuai dengan tujuan pendidikan yang tidak hanya mempelajari ilmu pengetahuan saja, tetapi juuga membangun karakter. Sikap toleransi merupakan sifat atau sikap menenggang (menghargai, membiarkan, membolehkan) pendapat, pandangan, kepercayaan, kebiasaan, kelakuan dan lain sebagainya yang berbeda dengan pendiriannya sendiri. Pembentukan sikap toleransi ini dapat dilakukan melalui proses pembelajaran di sekolah, salah satunya melalui mata pelajaran IPS.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Untuk mengetahui peran guru IPS dalam membentuk sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Singosari . 2) Untuk mengetahui saja faktor pendorong dan penghambat guru IPS dalam membentuk sikap toleransi siswa di SMP Negeri 1 Singosari.

Pendekatan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengambilan data dengan menggunakan interview (wawancara), observasi dan dokumentasi.adapun langkah-langkah penelitian atau analisa data yang di lakukan adalah reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa:1) peran guru IPS kelas VII-H di SMP Negeri 1 Singosari Malang dalam merancang program pembelajaran IPS adalah sebagai organisator, yaitu menyususn RPP dengan materi Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia dengan mendiskusikannya secara kelompok, dan dengan memberikan teladan yang baik dalam sikap toleransi 2) faktor pendorong yaitu, kebijakan sekolah, rasa peduli, dan menghargai perbedaan. Faktor penghambat yaitu, mementingkan diri sendiri dan memilih dalam berteman.

ENGLISH:

Tolerance is one of the social attitudes that is very important to be instilled in students in accordance with the goals of education that not only learn science, but also build character. Tolerance is a tolerant attitude (respect, let, allow) opinions, views, beliefs, habits, behavior and so forth that are different from their own standpoint. The establishment of this tolerance attitude can be done through the learning process in schools, one of them through social studies subjects.

The Purpose of this research are: 1) To determine the role of social studies teachers in shaping the tolerance attitudes of students on Junior high School 1 of Singosari Malang. 2) To find out just the driving and inhibiting factors of social studies teachers in forming tolerance attitudes of students on Junior High Scool of Singosari Malang.

The approach in this study is qualitative with the type of case study research. Data collection techniques using interviews (interviews), observation and documentation. Some steps of research or data analysis are data reduction, data presentation and conclusions or data verification.

The results showed that: 1) the role of social studies teacher in grade VII-H on Junior High School 1 of Singosari Malang in designing social studies learning programs was as an organizer, namely the drafting of the lesson plan with material on scarcity and human needs by discussing it in groups, and by setting a good example in tolerance 2) driving factors, namely, school policy, caring, and respecting differences. The inhibiting factor is, selfishness and choosing to be friends.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Pusposari, Luthfiya Fathi
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPusposari, Luthfiya FathiUNSPECIFIED
Keywords: peran guru ips; sikap toleransi; the role of ips teachers; tolerance attitudes
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Anisa Putri
Date Deposited: 18 Feb 2020 10:44
Last Modified: 18 Feb 2020 10:44
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/16083

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item